Dipakai Salat Idul Adha, Jembatan Ampera Palembang Ditutup 3 Jam

Salat Idul Adha di Jembatan Ampera Palembang
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Palembang – Jembatan Ampera di Kota Palembang ditutup selama tiga jam pada Kamis, 29 Juni 2023. Jembatan yang menjadi penghubung wilayah Ulu dan Ilir Ibukota Sumatera Selatan itu, mulai ditutup pada pukul 05.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB.

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono mengatakan, penutupan sementara akses lalu lintas di atas Jembatan Ampera, dilakukan selama pelaksanaan Salat Id Idul Adha, yang akan berlangsung di Masjid Agung Palembang.

Jemaah yang diprediksi bakal membeludak, diperkirakan akan memenuhi area sekitar Masjid Agung, hingga ke atas Jembatan Ampera. Sesuatu yang sebenarnya sudah seperti menjadi tradisi setiap pelaksanaan Salat Id.

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

"Penutupan ini dilakukan guna menghindari penumpukan jemaah yang akan melaksanakan Salat Idul Adha. Dan demi kelancaran lalu lintas, maka akan ditutup sementara," kata Harryo Sugihhartono, Rabu, 28 Juni 2023.

Salat Idul Adha 1439 H di Palembang

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk dan Padangbai-Lembar Ditutup Sementara saat Nyepi, Cek Jadwalnya

Sebagai alternatif, kata Harryo, untuk rute pengalihan akan disebar melalui media sosial (Medsos). Harryo mengharapkan, agar masyarakat saat menjalankan ibadah Salat Idul Adha, bisa tenang dan nyaman.

"Saya mengharapkan kepada pengendara, bagi yang ingin  melintas di Jembatan Ampera, gunakan sebelum waktu sebelum atau sesudah jadwal penutupan (Masjid Agung Jembatan Ampera)," ujar Harryo. 

"Bagi pengendara yang tetap beraktivitas dan ingin melintas pada saat jam penutupan, atau tidak melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Agung, kita sudah siapkan jalan alternatif," terangnya.

Kasat Lantas Polrestabes Palembang Kompol Emil Eka Putra menambahkan, selama penutupan Jembatan Ampera, pihaknya akan melakukan sosialisasi untuk jalan alternatif. 

"Jadi, jalan alternatif dari wilayah Ulu ingin ke Ilir bisa melalui Jembatan Musi IV. Begitu pun sebaliknya, apabila masyarakat yang dari wilayah Ilir ingin ke Ulu bisa melalui Jembatan Musi VI," jelas Emil.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya