Momen PM Albanese dan Presiden Jokowi Hujan-hujanan Kelilingi Admiralty House

PM Australia Anthony Albanese ajak Presiden Jokowi berkeliling Admiralty House
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta – Dalam rangkaian penyambutan kenegaraan di Admiralty House, Sydney, pada Selasa, 4 Juli 2023, Perdana Menteri (PM) Australia, Anthony Albanese mengajak Presiden Jokowi Widodo untuk berkeliling di halaman belakang Admiralty House.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Momen tersebut terjadi usai pertemuan tatap muka antara Presiden Jokowi dengan Gubernur Jenderal Australia. Meskipun cuaca hujan, kedua pemimpin tersebut terlihat sangat akrab melihat pemandangan  di sana. Keakraban juga semakin terlihat saat masing-masing pemimpin saling memegang payung senada berwarna hitam sambil berbincang santai.

PM Australia Anthony Albanese ajak Presiden Jokowi berkeliling Admiralty House

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Beberapa kali tampak PM Albanese menunjukan dan menjelaskan mengenai bangunan ikonik Kota Sydney, yakni Sydney Opera House dan Harbour Bridge. Tidak hanya itu, kedua pemimpin juga beberapa kali mengabadikan momen dengan berfoto bersama.

Usai berkeliling, Presiden Jokowi bersama PM Albanese kemudian kembali ke dalam bangunan Admiralty House untuk selanjutnya melaksanakan jamuan makan siang kenegaraan.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Presiden Jokowi bertemu Gubernur Jenderal Australia, David Hurley

Sebelum bertemu PM Albanese, Jokowi sempat diterima Gubernur Jenderal Australia, David Hurley, di Admiralty House, Sydney. Kedua pemimpin kemudian berjalan beriringan menuju lokasi upacara penyambutan kenegaraan dengan iringan 21 dentuman meriam.
 
Setelah Presiden Jokowi berada di mimbar kehormatan, lagu kebangsaan masing-masing negera diperdengarkan. Kemudian Gubernur Jenderal Hurley mempersilakan Presiden Jokowi memeriksa barisan kehormatan dan diikuti dengan pengenalan delegasi masing-masing.

Presiden Joko Widodo disambut di Admiralty House, Sydney

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Setelahnya, Presiden Jokowi bersama Gubernur Jenderal Australia memasuki bangunan Admiralty House untuk menandatangani buku tamu dan dilanjutkan dengan pertemuan tatap muka.

“Saya senang menyambut anda di Admiralty House,” ucap Gubernur Jenderal Hurley.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden mengapresiasi dukungan Gubernur Jenderal Australia dalam penguatan hubungan bilateral Indonesia dan Australia. “Saya ingin hubungan dekat antara dua pemerintah dapat juga diikuti kedekatan-kedekatan di tingkat masyarakat,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya