Eks Komite Etik FIFA Sentil Erick Thohir: Tak Perlulah Ketum PSSI Komentari Stadion

Mantan anggota Komite Etik FIFA, Dali Tahir
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Anggota Komite Etika FIFA 2004-2006 Dali Tahir mengkritik Ketua Umum PSSI yang turut berbicara mengenai kelayakan stadion Jakarta International Stadium untuk menggelar Piala Dunia U-17. Menurut Dali, untuk urusan kelayakan stadion, cukup direktur infrastruktur saja yang mengeluarkan pernyataan.

Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

"Di PSSI ada direktur infrastruktur atau apa yang tanggung jawabnya ya, dan menurut saya, enggak perlu lah ketua umum komentar-komentar soal Stadion gitu loh, suruh aja direktur teknik," kata Dali dalam forum Indonesia Lawyers Club, Kamis 6 Juli 2023.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal
Hal yang Buat Erick Thohir Yakin Timnas Indonesia U-23 Tembus Final Piala Asia

Menurut Dali, jika Ketua Umum federasi sepak bola mengeluarkan sebuah pernyataan mengenai stadion, pasti dampaknya akan langsung terlihat seperti yang terjadi sekarang ini. Saat ini polemik kelayakan JIS menggelar turnamen Piala Dunia U-17 menjadi pembicaraan di masyarakat.

"Karena kalau ketua umum yang bicara itu langsung ada impactnya gitu ya, suka atau tidak suka, itu yang kita cegah. Karena sepak bola adalah alat persatuan bangsa, bukan alat pecah belah bangsa," kata Dali

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia: Juara Piala Asia U-23 dan Lolos Olimpiade

Dia mengatakan, untuk urusan stadion sebenarnya menjadi ranah dari Pemerintah bukan urusan federasi sepak bola meskipun Sepak bola dan kalayakan lapangan merupakan sebuah kesatuan yang saling menentukan.

"Stadion yang memenuhi aturan FIFA itu wajib hukumnya. Nah itulah tugas dari federasi walaupun pembangunan stadion itu bukan tanggung jawab federasi, itu tanggung jawab negara, kalau negaranya mau olahraga sepak bola maju di negeri ini, ya perbaikilah," kata Dali

Namun di luar urusan stadion, tugas utama federasi yaitu membawa tim nasional sepak bola Indonesia berprestasi di tingkat internasional. Sebab, sampai saat ini Indonesia belum mampu menghadirkan prestasi bergengsi kelas dunia.

"Ini didirikan tahun 1930 PSSI, sampai sekarang, saya termasuk pernah jadi pengurus, tapi prestasi yang berhasil secara global itu belum, belum ada. Itu yang jadi tugas yang harus dikerjakan oleh federasi," kata Dali

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketum PSSI sidak rumput Stadion JIS

Photo :
  • Ist

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengutarakan pernyataan keras terkait kondisi Jakarta International Stadium (JIS). Dia menyebut andai perwakilan FIFA yang datang untuk inspeksi pada hari ini, pasti JIS akan dicoret jadi calon venue Piala Dunia U-17 2023.

Erick Thohir datang ke JIS pada hari ini bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Setelah itu mereka menyebut JIS harus direnovasi.

Ada sejumlah ketentuan yang tak memenuhi standar. Salah satu yang jadi perbincangan adalah rencana melakukan renovasi dengan mengganti rumput lapangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya