1 Mahasiswa Asing Hilang di Pantai Jembatan Panjang Malang Belum Ditemukan

Kapolsek Bantur AKP Bagyo dalam pencarian mahasiswa asing UB terseret ombak di Pantai Jembatan Panjang, Malang
Sumber :
  • Istimewa/VIVA/Uki Rama

Malang - Tim SAR Gabungan masih terus melakukan pencarian 3 orang yang belum ditemukan usai terseret ombak Pantai Jembatan Panjang, Kabupaten Malang, pada Sabtu, 8 Juli 2023 lalu.

Guru Besar Unibraw: Setelah Prabowo Dilantik sebagai Presiden, Dia Milik Kita Bersama

Tiga orang ini adalah Warga Negara Asing Jana Olivia Soland dia adalah mahasiswa asal Swiss yang sedang ikut program pertukaran pelajar di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Lalu, Made Indra dan Bayu, masing-masing sebagai Guide dan Tour Leader.

Pencarian total dilakukan agar 3 orang yang masih hilang segera diketemukan. Tim Emergency Disaster dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) yang ikut tergabung dalam pencarian telah meminta TNI AU melakukan pencarian via udara disamping penyisiran laut dan darat. 

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Pantai Jembatan Panjang, Kabupaten Malang.

Photo :
  • VIVA/Uki Rama.

"Kami (Tim SAR Gabungan) meminta bantuan melalui TNI AU untuk pencarian melalui jalur udara. Jadi juga sudah dilakukan pencarian jalur udara,” kata Koordinator Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan Fakultas Kesehatan UB, dr. Holipah, Ph.D pada Selasa, 11 Juli 2023.

520 Warga Palestina Tewas, Terluka dan Hilang di Jalur Gaza dalam Waktu Seminggu

Holipah mengatakan bahwa, Tim Emergency Disaster FK UB yang dikirim dalam proses pencarian ada sekira 6 orang. Mereka terdiri dari dosen dan mahasiswa. Tim ini berusaha semaksimal mungkin untuk segera menemukan 3 orang yang masih dalam pencarian. 

“Hingga saat ini masih aktif dilakukan pencarian,” ujar Holipah. 

Sebelumnya, 5 orang terseret ombak Pantai Jembatan Panjang pada Sabtu, 8 Juli 2023. Dari 5 orang ini 2 berhasil ditemukan dengan selamat oleh tim SAR Gabungan. 

Survival pertama yang ditemukan adalah, M Ruspandi (24) alias Pendik. Dia ditemukan di atas laut setelah bertahan hidup selama 9 jam dengan cara mengapung di laut. 

Koordinator Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan Fakultas Kesehatan UB, dr. Kholipah, Ph.D

Photo :
  • Uki Rama (Malang)

Pendik mengapung menggunakan jaket pelampung dengan jarak 0,586 kilometer atau 0,5 mil dari titik tempat kejadian perkara. Dia dievakuasi oleh Tim SAR pada pukul 17.30 WIB Sabtu, 8 Juli 2023.

Survival kedua yang berhasil ditemukan dengan selamat adalah Ana Brieva Ramirez (23 tahun) mahasiswa asal Spanyol. Dia ditemukan di pantai Bantur pada Minggu, 9 Juli 2023 pukul 10.45 WIB. Terdampar dan bertahan hidup di pantai itu hingga tim menemukannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya