Gerak Cepat KSAD Dudung Relokasi Mako Denbekang Demi Islamic Center Diapresiasi

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman
Sumber :

Jakarta - Gerak cepat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman yang akan merelokasi lahan eks Mako Detasemen Perbekalan dan Angkutan (Denbekang) IV-44-04 menarik perhatian. Lahan itu diproyeksikan untuk Islamic Center dan parkir Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Embarkasi Solo Akan Berangkatkan 35.977 Jemaah Calon Haji Asal Jateng dan DIY

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah M. Din Syamsuddin ikut merespons positif gebrakan yang dilakukan Dudung. Bagi dia, cara Dudung patut didukung karena baik selama tak bertentangan dengan aturan TNI AD.

“Dukungan KSAD Jenderal Dudung dengan merelokasi Mako Detasemen Perbekalan dan Angkutan IV-44-04 sebagai lahan parkir untuk Masjid dan Islamic Center itu tentu baik selama tidak menyalahi ketentuan di TNI AD sendiri,” kata Din saat dihubungi, Senin, 17 Juli 2023.

Komitmen Dorong Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Perkuat Peran Mandiri Agen

Menurut Din, pembangunan Islamic Centre, melengkapi Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo adalah baik dan bisa bermanfaat untuk umat Islam. Dia mengatakan demikian jika hal itu dimanfaatkan dengan sebenar-benarnya bagi pembinaan keimanan dan ketakwaan umat.

Langkah KSAD Dudung dalam pembangunan sarana umat juga perlu dicontoh. Sebab, di sejumlah daerah masih banyak sarana umat yang tidak menunjang.

Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

Maka itu, Din menekankan akan baik jika para pejabat dan pemilik kewenangan selalu memperhatikan kepentingan umat beragama. Caranya dengan mendirikan lembaga-lembaga peribadatan dan pendidikan keagamaan.

“Hal itu relevan dan sejalan dengan Pancasila dan amanat Pembukaan UUD 1945,” tutur mantan Ketua Umum MUI ini.

Sebelumnya, KSAD Dudung mengecek relokasi Denbekang IV-44-04, di Jalan Ahmad Yani, Gilingan, Banjarsari, Kota Solo. Dudung mengatakan, ia dapat arahan dari Mensesneg terkait lahan Denbekang yang akan dipergunakan untuk pembangunan Islamic Center. Pun, dia langsung berkoordinasi dengan Pangdam terkait agar segera direlokasi.

"Saya pikir, untuk kepentingan bangsa dan negara, saya tidak pernah banyak berpikir lakukan langsung segera relokasi dan bergerak cepat sekarang audah rata ini,” ujar Dudung, Jumat, 14 Juli 2023.

Lahan di Denbekang IV-44-04 Solo memiliki luas 10.231 meter persegi. Sementara, markas baru Denbekang IV-44-04 Solo nanti akan dibangun di atas tanah kosong yang berlokasi di Jalan Senapan, Kadipiro, Banjarsari, Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya