Cek Lokasi Kecelakaan Kereta Semarang, Ganjar Minta Kondisi Jembatan dan Rel Diperbaiki

Kereta api Brantas tabrak truk di Semarang
Sumber :
  • Humas Polda Jateng

Semarang – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau langsung lokasi kecelakaan Kereta Api (KA) Brantas tujuan Jakarta-Blitar yang menabrak truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat pada Selasa, 18 Juli 2023 malam.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Berdasarkan video yang dilihat VIVA di akun instagram @ganjar_pranowo, nampak Ganjar meminta para warga untuk menjauh dari titik kecelakaan. 

"Jangan mendekat ya, tolong," kata Ganjar saat meninjau lokasi kecelakaan kereta, dikutip Rabu, 19 Juli 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Ganjar mengaku sudah berkomunikasi dengan Direktur Utama (Dirut) PT KAI terkait kecelakaan kereta ini. "Saya berterima kasih semuanya sudah sigap dari kepolisian di lokasi, dari PT KAI di lokasi dan tim semuanya bekerja," tuturnya.

Tak hanya itu, Ganjar juga menyoroti kondisi rel dan jembatan yang menjadi lokasi kecelakaan kereta. Ia berharap, rel dan jembatan dapat dicek lebih lanjut sehingga bisa kembali berfungsi dengan baik.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan itu juga berharap agar satu orang korban yang dikabarkan lompat saat kecelakaan terjadi segera mendapatkan penanganan medis.

"Kita harapkan sudah ada hasil termasuk kondisi jembatan lalu kondisi rel, sehingga bisa difungsikan. Alhamdulilah juga tidak ada korban jiwa, tapi mudah-mudahan yang lompat segera bisa diobati," jelas Ganjar.

Sebelumnya diberitakan, insiden kecelakaan KA Brantas tujuan Jakarta-Blitar menabrak truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat, Selasa malam, 18 Juli 2023, sekira pukul 19.20 Wib.

KA Brantas diduga menabrak truk trailer yang tengah melintas di pintu perlintasan KA dari arah utara ke selatan. Dari tabrakan itu, sempat terjadi ledakan saat lokomotif kereta menabrak truk.

Pun, bagian kepala dan ekor gandengan truk terjepit di mulut jembatan rel Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang.

Satu orang dilaporkan terluka imbas peristiwa tabrakan mencekam antara Kereta Api (KA) Brantas tujuan Jakarta-Blitar dengan truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat. Data sementara versi polisi baru satu orang mengalami luka-luka.

"Sementara korban luka satu orang," kata Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Agus Suryo Nugroho pada Selasa, 18 Juli 2023.

Sementara, Kapolres Kota Besar Semarang, Kombes Irwan Anwar mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Dia mengatakan korban luka satu orang adalah penumpang KA. Korban terluka karena nekat loncat dari KA. "Karena melompat dari kereta api," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya