Deretan Tokoh yang Mendukung Panji Gumilang, Ada Politisi hingga Habib

Panji Gumilang, Pemeriksaan di Bareskrim Polri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang menuai pro dan kontra ihwal pernyataan dan pengajaran yang dia sampaikan kepada murid-muridnya.

Nurul Ghufron Disesak Mundur karena Kembali Bikin KPK Gaduh

Diketahui akibat pernyataan yang dia ucapkan, Panji Gumilang harus menjalani berbagai pemeriksaan mulai dari tim investigasi Jawa Barat hingga diperiksa Bareskrim Polri.

Panji Gumilang, Pemeriksaan di Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Sebagian pihak mendesak polisi untuk menangkap Panji Gumilang dan membubarkan Pesantren Al Zaytun. Adapun, Sebagian lagi mendukung dan beranggapan apa yang dituduhkan kepada Panji tidak benar.

Dukungan tersebut datang dari sejumlah tokoh yang namanya sudah cukup dikenal publik, mulai dari tokoh politik, pengusaha hingga pengacara top.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, Ada Apa?

Siapa saja mereka? Berikut tokoh yang terang-terangan membela Al Zaytun dan mendukung Panji Gumilang:

1. Monique Rijkers

Moniq merupakan aktivis pro Israel yang menyuarakan dukungannya kepada Panji Gumilang. Moniq menilai Panji sangat gigih mengajarkan anak didiknya untuk memiliki sikap toleransi terhadap Yahudi.

Dia juga mengapresiasi sikap Panji yang terang-terangan meminta anak didiknya menyanyikan lagu Hevenu Shalom Aleichem. Menurut Moniq, sikap Panji Gumilang tersebut merupakan satu langkah baik untuk mengajarkan nilai toleransi kepada generasi penerus bangsa.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

2. Ali Mochtar Ngabalin

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin juga turut menyuarakan dukungannya untuk Panji Gumilang. Bahkan, dia tak segan menyemprot pihak-pihak yang menyerang Panji.

Ngabalin menekankan bahwa Panji Gumilang merupakan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang pernah mengenyam pendidikan di Pesantren Gontor. Selain itu, kata dia, Panji juga merupakan anak dari kader Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) sehingga mustahil melakukan penyimpangan yang melawan syariat Islam.

3. Habib Kribo

Zein Assegaf atau yang akrab disapa Habib Kribo merupakan sosok dari kalangan ahlulbait yang terang-terangan membela Panji Gumilang. Dia tidak mempermasalahkan perbedaan cara beribadah yang dilakukan di Al Zaytun.

Sebab, kata dia, sejak dahulu Rasulullah SAW tidak pernah memaksa siapapun dalam membangun keyakinan dan cara ibadahnya. "Kalau perbedaan furu'iyah (cara beribadah) dalam pemahaman ibadah, ritual, itu biarin aja kita tidak bisa memaksa,” kata Zein.

Zen Assegaf alias Habib Kribo.

Photo :
  • Instagram @habibkribo

4. Kamaruddin Simanjuntak

Sosok pengacara kondang, Kamaruddin Simanjuntak juga baru saja menyatakan dukungannya kepada Panji Gumilang. Menurutnya, semua tudingan yang dilayangkan ke  Pesantren Al Zaytun adalah tidak benar atau hoaks.

“Semua orang mengatakan Panji Gumilang harus dihukum, karena mengatakan Alquran adalah perkataan manusia. Memangnya kalau perkataan manusia kenapa? Memang kau pernah dengar tuhan berbicara? Kemudian ada yang bilang ada bunker isi senjata. Maka tadi saya sudah kelilingi semua, tidak ada saya temukan gudang senjata selain tumpukan kayu-kayu jati,” ucap Kamaruddin.

5. Pablo Benua

Pengusaha Pablo Benua menyatakan dukungannya kepada Panji Gumilang. Dalam momen Tahun Baru Islam 1445 H, Pablo mengaku siap pasang badan untuk membela Pesantren al Zaytun.

Selain itu, suami artis Rey Utami tersebut juga mengaku siap menanggung biaya operasional pesantren selama ratusan rekening milik Panji Gumilang tengah dibekukan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Pablo Benua pasang badan bela Al Zaytun dan Panji Gumilang

Photo :
  • YouTube
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya