Gandeng Sejumlah Pihak, PAN Kembangkan Pelaku UMKM di Tanah Air

Ketum PAN Zulkifli Hasan (tengah) di Surabaya.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, PAN mempunyai keseriusan untuk meningkatkan perekonomian melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tanah Air. 

BM PAN Sumatera Utara Dukung Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum PAN Lagi

Menurut Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan, potensi pendapatan UMKM sangat besar untuk membantu negara.

"Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia terbilang besar. Oleh karena itu, PAN terus mendorong dan menggandeng sejumlah pihak untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM," kata Zulhas dalam keterangannya, Jumat, 21 Juli 2023.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Ilustrasi UMKM.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) sepanjang 2022 UMKM di Tanah Air tercatat tumbuh begitu baik, angkanya sudah mencapai 8,71 juta unit.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Dia menuturkan, PAN memiliki program yang dikhususkan untuk pelatihan bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Program ini dilakukan untuk memberikan wawasan dan masukan yang efektif bagi pelaku usaha, guna menarik minat pembeli.

"Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari packaging, strategi promosi, dan bimbingan terhadap UMKM itu sendiri. PAN juga turut aktif membentuk ekosistem pemasaran produk melalui kader untuk berperan lebih aktif dalam mempromosikan produk UMKM," ujar Zulhas.

Tidak hanya pemasaran dan pelatihan, menurut Zulhas, PAN juga tengah berupaya untuk bisa menghadirkan bantuan modal bagi para pelaku usaha UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya. Bantuan ini dilakukan PAN sesuai dengan slogan partai 'Bantu Rakyat' begitu terealisasikan dengan optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya