Viral Emak-emak Ngomel Anaknya 13 Kali Tak Lulus Ujian SIM di Gresik, Ini Kata Polisi

Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Taslim.
Sumber :
  • Viva Jatim/ Mokhamad Dofir.

Gresik – Sebuah video yang menggambarkan seorang emak-emak berbusana hijau tengah ngomel karena anaknya 13 kali tak lulus ujian SIM di Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Gresik, Jawa Timur, viral di media soaial. 

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Kepolisian menanggapi hal itu sebagai masukan dan bahan evaluasi. Namun kepolisian membantah semua tuduhan emak-emak tersebut.

Emak-emak tersebut diketahui bernama Marita. Video tersebut dibuat pada 1 Agustus 2023 dan diunggah akun TikTok @seaghost0777. "Tadi pagi saya sempat adu mulut di Satlantas Polres Gresik, Jawa Timur, tempat domisili saya," kata wanita itu dalam videonya yang dilihat VIVA pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Dia mengaku terlibat adu mulut dengan petugas Satlantas Polres Gresik karena anaknya tak lulus-lulus ujian tertulis SIM sebanyak 13 kali. "Saya tuh tadi sempat mau menemui Pak Kasatlantasnya [Polres Gresik] setelah anak saya tidak diluluskan untuk ke-13 kalinya. Tapi tidak diperkenankan," ujar Marita.

Ilustrasi ujian SIM (Surat Izin Mengemudi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Dia lantas menyinggung apa yang disampaikan Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang meminta jajarannya tidak menyulitkan masyarakat yang akan membuat SIM. "Ternyata imbauan Pak Kapolri kemarin nggak dipakai, ujiannya masih sulit," ujarnya.

Setelah ngomel-ngomel dan mengamuk di lokasi, Marita mengaku akhirnya pihaknya direspons oleh petugas Satlantas Gresik. Ia diminta berdiskusi dengan pejabat Polri di Satlantas Gresik, tapi bukan dengan Kasatlantas. Alasannya, Kasatlantas Gresik lagi di luar.

Lagi-lagi Marita mengkritik keberadaan Kasatlantas Gresik saat itu yang tidak ada di kantor saat jam kerja. Unggahan video itu akhirnya memantik respons dari banyak netizen, sehingga kian viral di dunia maya.

Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Taslim, mengaku bahwa omelan emak-emak di media sosial itu sebagai kritik dan bahan evaluasi. Polri, kata dia, tidak antikritik. Namun, dia menyayangkan bila kritik tersebut terkesan menyudutkan.

"Apalagi jika tuduhan-tuduhan itu tidak disertai fakta atau ada proses tabayun," kata Taslim dalam keterangan tertulis diterima VIVA, Rabu, 2 Agustus 2023.

Taslim mengklarifikasi tudingan Marita yang menyebut Kasatlantas Polres Gresik AKP Agung mangkir dari tugas karena tidak ada di kantor saat jam kerja, ketika Marita meminta bertemu. 

Menurut Taslim, saat itu AKP Agung tengah bertugas di lapangan sehingga tidak bisa menemui Marita.

Taslim juga membantah omelan Marita yang menyebut Polres Gresik tidak mematuhi instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo soal pengurusan SIM. Menurutnya, ada proses penjabaran di tingkat bawah atas instruksi Kapolri agar pada pelaksanaannya justru tidak melanggar aturan.

Kendati begitu, Taslim meminta maaf kepada masyarakat apabila atas terjadinya kegaduhan akibat viralnya video emak-emak tersebut. Menurutnya, itu terjadi mungkin karena kurang sensitifnya anggota di lapangan saat melayani masyarakat.

"Saya sudah menginstruksikan jajaran agar berita viral seperti (ini) tidak terjadi lagi. Saya berharap jika ada kasus seperti ini, anggota panggil peserta uji SIM-nya, kita berikan konseling dan pelatihan," ujar Taslim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya