Firli Bahuri Bakal Beri Kesaksian di Sidang Etik Johanis Tanak Hari Ini

Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akan menggelar sidang lanjutan untuk Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak buntut dugaan berkomunikasi dengan Plh Dirjen Minerba di ESDM M Idris Froyoto Sihite yang viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Saksi Sebut SYL Palak Pejabat saat Kunjungan ke Brazil Hingga Amerika Serikat

Dewas KPK akan melanjutkan sidang yang ditunda pada Kamis, 27 Juli 2023 lalu dengan agenda pemeriksaan beberapa saksi terhadap Johanis Tanak.

Gedung Merah-Putih KPK

Photo :
  • VIVA/Andry Daud
Pejabat Kementan Ungkap Pernah Buat Perjalanan Dinas Fiktif Atas Perintah SYL

Adapun saksi yang akan dijadwalkan hadir pada pemeriksaan kali ini yaitu Ketua KPK, Firli Bahuri. Namun, pihak Dewas KPK belum akan memberi putusan dalam sidang hari ini.

"Ya hari ini jam 09.00 melanjutkan pemeriksaan saksi pak FB," ujar Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris saat dihubungi, Jumat, 4 Agustus 2023.

KPK Sebut OTT di Sidoarjo Tak Sempurna, Ada Pejabat yang Tak Berhasil Ditangkap

Sebagai informasi, Dewan Pengawas (Dewas) KPK menggelar sidang etik untuk Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak buntut dugaan komunikasinya dengan Plh Dirjen Minerba di ESDM M Idris Froyoto Sihite.

Komunikasi telah beredar di media sosial Wakil Ketua KPK Johanis Tanak melakukan komunikasi via chat dengan seseorang pejabat di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dalam percakapan tersebut pun diduga Tanak turut menginformasikan bahwa dirinya masih bisa bergerak di balik layar pada sebuah lembaga.

Salah satu pimpinan KPK yang hadir di sidang etik itu, yakni Wakil Ketua Nawawi Pomolango. Ia mengatakan bahwa kehadirannya di gedung Dewas KPK guna menjadi saksi sidang etik Johanis Tanak.

"Mau jadi saksi," ujar Nawawi di gedung Dewas KPK, Kamis 27 Juli 2023.

Johanis Tanak

Photo :
  • VIVAnews/ Edwin Firdaus

Ia belum merinci apa yang akan ditanyakan pada sidang etik nanti. Nawawi hanya menyebut bahwa dirinya akan menjelaskan apa yang diketahuinya saja.

"Ya tergantung apa yang ditanyain," kata Nawawi.

Selanjutnya, Wakil Ketua Nurul Ghufron, juga tampak memasuki gedung Dewas KPK melalui pintu samping. Namun, dia tak menjelaskan apapun terkait kedatangannya di gedung Dewas KPK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya