Prabowo Singgung Pemimpin Muda di Hari Veteran Nasional yang Digelar di Solo

Prabowo Subianto di acara Hari Veteran Nasional di Solo
Sumber :
  • Fajar Sodik

Solo – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kagum dengan pemimpin muda di Solo yang melakukan perjuangan melawan Belanda untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia. Pemuda berusia 22 yang memimpin pertempuran melawan Belanda yang dikenal sebagai Serangan Umum empat hari empat Malam itu adalah Brigjen (Anumerta) Slamet Riyadi.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Menhan Prabowo menghadiri Peringatan Hari Veteran Nasional (Harvetnas) yang dipusatkan di Auditorium GPH Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo untuk menggantikan Presiden Jokowi yang berhalangan hadir. Menurut Prabowo Presiden Jokowi tidak bisa menghadiri acara ini karena sedang memimpin kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan

"Saya diperintah untuk mewakili Presiden Republik Indonesia karena presiden sedang memimpin kegiatan-kegiatan yang tidak bisa beliau tinggalkan," kata dia di depan ratusan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang hadir dalam Peringatan Harvetnas di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Solo, Kamis, 10 Agustus 2023.

Prabowo Subianto di acara Hari Veteran Nasional di Solo

Photo :
  • Fajar Sodik
Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti


Dalam sambutannya itu, Menhan Prabowo sempat menyinggung pentingnya Kota Solo dalam perjuangan Bangsa Indonesia. Pasalnya pertempuran empat hari empat malam pada  Agustus 1949 merupakan pertempuran terakhir untuk membuktikan bahwa Merah Putih berkuasa di wilayah Republik Indonesia ini. Dalam peristiwa Serangan Umum di Solo 7-10 Agustus 1949 itu dipimpin oleh Slamet Riyadi.

"Kenapa? ada hal menarik Kota Solo serangan ofensif dan peristiwa tadi Panglima Belanda datang berunding dengan Komandan Brigade dai Indonesia. Perwira yang pangkat tertinggi di sekitar Solo Raya ini komandan brigade. Kaget mereka melihat kok komandan brigade anak kecil umur 22 tahun," sebut Menhan.

Menurut Prabowo meskipun komandan pada pertempuran empat hari empat malam di Solo dipimpin anak muda yang bernama Slamet Riyadi  tetapi memiliki tanggung jawab yang besar dan memiliki kepemimpinan yang besar. Ia juga menyinggung terkait Sumpah Pemuda yang juga digagas oleh anak-anak muda pada Oktober 1928 silam.

"Bahkan Sumpah Pemuda kita yang merupakan tonggak salah satu tonggak awal dari perjuangan kemerdekaan kita juga dideklarasikan dan disusun oleh anak-anak muda umurnya 20 tahun semua. Ini sejarah kita. Ini saya kira pelajaran bagi kita semua.Jadi pemimpin kalau usia muda itu belum tentu tidak bisa, saudara-saudara sekalian," kata dia yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Kemudian Prabowo pun mengungkapkan bahwa Kota Solo melahirkan banyak pemimpin-pemimpin yang hebat. Tetapi ia tidak menyebutkan bahwa pemimpin yang dimaksud apakah termasuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang digadang-gadang menjadi cawapres pendamping Prabowo oleh sejumlah relawan Jokowi dan Gibran.

Seperti diketahui usia Gibran untuk maju menjadi cawapres masih terhalang aturan terkait batasan usia minimal menjadi capres dan cawapres 40 tahun. Sedangkan kini usia putra sulung Presiden Jokowi itu baru 35 tahun sehingga sejumlah partai seperti PSI dan Partai Garuda menggugat batasan usia tersebut ke Mahkamah Konstitusi.

Usai acara, Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu pun sempat disinggung usia Gibran yang belum mencapai batas usia minimal untuk maju sebagai cawapres. Dengan lantang, ia pun mencoba membandingkannya dengan usia Slamet Riyadi yang merupakan komandan pertempuran empat hari empat malam di Solo yang waktu itu masih berusia 22 tahun.

"Itu Slamet Riyadi waktu mimpin perjuangan umur 22 tahun itu bisa berhadapan dengan Jepang. Usia itu bukan usia. Jiwanya yang penting," katanya.

Sedangkan terkait dengan gugatan batas minimal usia untuk maju sebagai capres dan cawapres, Prabowo enggan menjawabnya dan mempersilakan untuk menanyakan kepada pihak-pihak yang mengajukan gugatan. "Tanya aja sana," ucapnya sambil pamit masuk ke mobil Toyota Alphard.

Sri Mulyani, Prabowo Subianto, Pramono Anung dan Luhut

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo menyebutkan bahwa Presiden Jokowi telah memerintahkan Sri Mulyani untuk menjalin komunikasi dengan Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024