Aksi Ribuan Buruh Demo di Patung Kuda Jakarta Tuntut Pembatalan UU Cipta Kerja

Aksi ribuan buruh demo di Patung Kuda, Jakarta
Sumber :
  • Andrew Tito

Jakarta - Ribuan Massa aliansi serikat buruh melakukan aksi demo tuntut Pembatalan dan Pencabutan Omnibus Law Undang-undang Nomor 6 tahun 2023 tentang Cipta Kerja, karena telah terbukti berdampak buruk bagi rakyat

Massa buruh sebelumnya dikabarkan sempat memblokade Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat (Jakpus) dan berencana melakukan aksi blokade hingga pukul 21.00 WIB.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Jakarta Raya KASBI Ahmad Taufik, mengatakan massa aksi akan bertahan untuk menutup jalan dengan berharap para pekerja di sekitar Jalan MH Thamrin bisa ikut turun melakukan aksi.

"Jadi motor-motor tidak ditaruh di kantong parkir. Karena orientasi untuk menduduki jalan dan mengajak pekerja di kantor. Makanya kita kemungkinan bertahan di jalan. Info terakhir sampai jam 9 malam. Semuanya di sini, dipusatkan di sini," ujar Ahmad Taufik salam keterangannya di atas mobil orasi Aksi demo depan patung Kuda Jakarta Pusat, Kamis 10 Agustus 2023.

Peringati May Day, Serikat Buruh Rokok di Yogyakarta Minta Pemerintah Kaji Ulang RPP Kesehatan

Aksi ribuan buruh demo di Patung Kuda, Jakarta

Photo :
  • Andrew Tito


Taufik mengatakan rencana awal massa aksi di depan Mahkamah Konstitusi (MK), namun karena adanya penutupan di Jalan Medan Merdeka Barat, massa kemudian menduduki Jalan MH Thamrin dan perlahan berjalan berkumpul di Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

"Mau ke arah MK, cuma pasti diblokade di Patung Kuda. Tapi aksinya bakal disatukan di sini sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Kemungkinan tidak, tujuannya ke MK," ujarnya.

"Tapi opsi kedua itu menarik perhatian temen-temen di kantor untuk aksi, karena mereka terdampak juga UU Cipta Kerja. Makanya kemarin dari temen-temen buruh sudah mengirim selebaran ke kantor-kantor agar dapat terlibat aksi ini," tambahnya

Hingga kini Massa terus memblokade jalan hingga bikin lalu lintas macet.

Diketahui massa buruh yang berkumpul berasal dari gabungan beberapa aliansi buruh se-Indonesia, sementara titik kumpul dijaga oleh pihak kepolisian.

Dua lajur jalan digunakan massa aksi, hingga lalu lintas di lokasi terjadi kemacetan.

KSBSI Kalbar Tuntut Perlindungan Hak Buruh Kelapa Sawit
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di acara peluncuran buku Haedar Nashir di Perpusnas, Jakarta Pusat, Senin, 4 Maret 2024 malam.

May Day, Kapolri Janji Ada Timsus untuk Lindungi dan Kawal Hak Buruh

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung pengamanan peringatan aksi Hari Buruh Internasional atau May Day di Gelora Bung Karno (GBK).

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024