KPK Sidik Kasus Baru di Basarnas, Dugaan Korupsi Pengadaan Truk Angkut

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penyidikan kasus dugaan korupsi di Badan SAR Nasional (Basarnas). Adapun penyidikan baru itu terkait dugaan kasus korupsi pengadaan barang dan jasa pada tahun 2012 sampai dengan 2018.

Rumah Mewah Syahrul Yasin Limpo di Makassar Senilai Rp4,5 Miliar Disita KPK

"Saat ini, KPK telah membuka penyidikan baru adanya dugaan korupsi yang mengakibatkan kerugian keuangan negara dilingkungan Basarnas RI Tahun 2012 s/d 2018," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Kamis 10 Agustus 2023.

Ali menjelaskan bahwa dugaan pengadaan barang dan jasa di Basarnas itu adalah sebuah truk angkut personil dan rescue carrier vehicle tahun 2014. Namun, Ali belum menjelaskan secara rinci identitas tersangka maupun pasal hukum yang ditetapkan.

Bela Eks Dirut Pertamina, JK Ungkap Lebih Baik Kelebihan Energi Demi Jaga Investor

"Terkait profil lengkap para pihak yang ditetapkan sebagai Tersangka, uraian perbuatan hukum dan pasal yang disangkakan belum dapat kami sampaikan karena pengumpulan alat bukti oleh Tim Penyidik masih berproses," kata dia.


Source : KPK.go.id

Diperiksa Kejagung Lagi, Sandra Dewi Ditanya Perjanjian Pranikah Hingga Jet Pribadi Harvey Moeis

Dia juga menyebut kecukupan alat bukti menjadi tolak ukur lembaga antirasuah menetapkam tersangka dan melakukan penyidikan baru di Basarnas.

"Kecukupan alat bukti menjadi dasar kami untuk nantinya menyampaikan secara lengkap konstruksi utuh perkara ini," kata Ali.

Ali memastikan bahwa penetapan tersangka penyidikan kasus dugaan suap di Basarnas ini adalah seorang sipil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya