Teka-teki Keberadaan Harun Masiku, Ada di Indonesia atau Kabur Lewat Jalur Tikus

Keberadaan Harun Masiku
Sumber :
  • VIVA

JakartaHarun Masiku saat ini masih menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena telah terlibat kasus korupsi Wahyu Setiawan yang kala itu menjabat sebagai Komisioner KPU. Harun Masiku menjadi buronan kasus korupsi dan telah diberitakan bahwa dirinya masih berada di Indonesia, bahkan ada informasi dia keluar negeri lewat jalur tikus.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

Harun Masiku menjadi tersangka korupsi usai KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada Wahyu. Kala itu, kasus korupsinya adalah dugaan menerima uang terkait dengan penetapan anggota DPR terpilih 2019-2024. Harun Masiku adalah sosok orang pemberi suapnya.

Belakangan ini terungkap bahwa Harun Masiku ada di Indonesia, setelah beberapa kali pergi keluar negeri. Namun, informasi tersebut masih ada sebuah kejanggalan.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Pasalnya, Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti mengatakan bahwa Harun Masiku ada di Indonesia. Dia terdeteksi lewat data perlintasan keluar masuk negara.

"Setelah dia keluar dia balik lagi ke dalam. Jadi dia sebenarnya bersembunyi di dalam tidak seperti rumor," kata Krishna Murti.

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

Harun Masiku, politikus PDI Perjuangan.

Photo :
  • vstory

"Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri. Jadi rumor-rumor yang beredar seperti itu, ya kami sampaikan. Tapi kami tidak menghentikan pencarian terhadap yang bersangkutan di luar negeri," bebernya.

Kendati demikian, Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu mengatakan bahwa informasi yang menyatakan bahwa Harun Masiku pernah bplak balik Indonesia adalah data perlintasan lama.

"Iya, data perlintasan yang lama. Melintasnya terhitung karena memang perlintasan itu. Sampai sekarang belum tercatat lagi," ujar Asep Guntur di gedung merah putih KPK, Jumat 11 Agustus 2023 malam.

Harun Masiku memang sempat terdeteksi ada di Indonesia pada Januari 2020 silam. Hal itu merujuk pada video yang viral di Bandara Soekarno Hatta ketika Harun baru saja tiba dari Singapura. 

Setelah kejadian tersebut, kata Asep, tidak ada informasi terbaru soal keberadaan Harun Masiku. Asep menjelaskan bahwa Harun Masiku bisa saja pergi keluar negeri menggunakan jalur tikus.

"Dalam perkembangannya, informasi yang kami terima yang bersangkutan itu sudah keluar dari Indonesia, tapi tidak melalui jalur resmi sehingga tidak tercatat pada saat keluarnya," kata Asep.

KPK sempat mendapat informasi bahwa Harun Masiku ada di luar negeri. Kendati, ketika penyidik datang ke negara itu, justru tidak ada hasil memuaskan. "Kami sudah mengirimkan tim ke negara tetangga kemudian mengecek informasi keberadaannya, dan itu juga kami koordinasi dengan Divisi Hubinter Polri," beber dia.

Harun Masiku Diduga Ada di Kamboja

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Krishna Murti akan mengecek informasi keberadaan Harun Masiku, buronan tersangka kasus korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kamboja. 

Selain itu, kata dia, Polri juga akan kerja sama dengan pihak kepolisian maupun otoritas Kamboja yang berwenang untuk mengetahui keberadaan daripada Politisi PDI Perjuangan yang buron, yakni Harun Masiku.

“Kami akan tindak lanjuti kerja sama dengan KPK dan Interpol serta otoritas Kamboja,” kata Krishna saat dikonfirmasi wartawan.

Polri Sebut Harun Masiku Ada di Indonesia

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti mengatakan bahwa buron kasus korupsi Harun Masiku masih berada di Indonesia. Hal tersebut dikatakannya demi menepis informasi yang beredar bahwa Harun Masiku ada di negara tetangga, Kamboja.

Krishna Murti menjelaskan mengapa saat ini Harun Masiku masih ada di Indonesia. Menurutnya, setelah dilakukan pengecekan data perjalanan bahwa terdeteksi Harun Masiku ada di dalam negeri.

"Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri. Jadi rumor-rumor yang beredar seperti itu, ya kami sampaikan. Tapi kami tidak menghentikan pencarian terhadap yang bersangkutan di luar negeri," ujar Krishna Murti kepada wartawan di gedung merah putih KPK, Senin 7 Agustus 2023.

Ia juga menjelaskan Harun Masiku memang sempat pergi keluar negeri. Namun, kepergiannya itu tidak memakan waktu lama dan langsung kembali ke Indonesia. Maka dari itu, Krishna memastikan bahwa Harun Masiku tidak bersembunyi di luar negeri.

"Setelah dia keluar dia balik lagi ke dalam. Jadi dia sebenarnya bersembunyi di dalam tidak seperti rumor. Tapi kita juga tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar," kata dia.

Pun, data perlintasan yang didapat polri itu sduah dilaporkan kepada pimpinan lembaga antirasuah. Polri menyatakan tak berhenti membantu KPK untuk mencari para buronan korupsi yang diduga melarikan diri ke luar negeri.

"Dugaan kami berdasarkan data perlintasan seperti itu. Tapi kita tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar negeri," kata Krishna.

"Dua buron lain insyaallah tadi kita melakukan komunikasi ketat. Tadi kami akan membicarakan lebih lanjut apa bantuan teknis yang bisa diberikan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya