Kesenian Debus Banten Hampir Punah, PAN Turun Tangan Bantu Jaga Pelestarian

Kader PAN (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai serius dalam upaya melestarikan seni dan budaya di Tanah Air. Partai politik atau parpol yang dipimpin Zulkifli Hasan alias Zulhas itu dianggap konsisten beri perhatian besar terhadap kelestarian di sektor tersebut.

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

Hal tersebut disampaikan Pembina Padepokan Rajawali Sakti Banten, Rohyani Hapendi. Dia menyebut elite PAN serius melestarikan kesenian budaya di wilayah Banten.

Salah satu ikhtiar yang jadi perhatian PAN adalah melestarikan budaya debus yang merupakan kesenian tradisional di Tanah Banten.

Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

"Kesenian debus Banten ini statusnya hampir punah dengan adanya bantuan PAN yang berkomitmen melestarikan budaya, saya sangat berterima kasih banyak," kata Rohyani.

BM PAN Sumatera Utara Dukung Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum PAN Lagi

Menurut dia, dalam upaya pelestarian budaya, PAN juga berikan ruang atau wadah sebesar-besarnya untuk para pelaku kesenian. Upaya ini jadi salah satu bentuk konkret PAN dalam melestarikan kebudayaan di Indonesia.

Kata dia, PAN menyadari melestarikan kesenian budaya sangat penting bagi bangsa dan negara. Ia bilang manfaat dalam hal ini seperti memelihara persatuan dan kesatuan, menambah wawasan bagi bangsa, dan menumbuhkan rasa nasionalisme.

Kemudian, Rohyani menuturkan, pihaknya berharap agar PAN bisa terus melanjutkan komitmennya mendukung pelestarian kesenian debus Banten. Ia mengamati PAN sudah terbukti sebagai salah satu pihak yang mendorong berbagai upaya pelestarian budaya.

"Kebudayaan Banten ini hampir punah, saya tolong minta bantuannya ke orang-orang PAN ini supaya seni budaya ini diangkat kembali," ujar Rohyani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya