Aksi Relawan Ganjar Kampanyekan Cinta Lingkungan, Bersih-bersih Sampah di CFD Kota Serang

Aksi bersih-bersih sampah di CFD Kota Serang
Sumber :
  • Istimewa

Serang – Relawan Gerakan Rakyat Desa untuk (Gardu) Ganjar mengampanyekan cinta lingkungan dengan mengadakan bersih-bersih sampah, di area car free day (CFD) sekitar Alun-Alun Kota Serang, Jalan Veteran Nomor 49, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, pada Minggu, 20 Agustus 2023.

TKN Bantah Rumor Prabowo Akan Tinggalkan Relawan Pendukungnya

Koordinator Gardu Ganjar Muda Banten David Solehudin mengatakan pihaknya ingin menggerakkan anak muda di Kota Serang untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan.

"Kami Gardu Ganjar Muda Banten berinisiatif melakukan canvassing dengan menggelar kegiatan kerja bakti atau bersih-bersih lingkungan bersama anak-anak muda. Kami juga melibatkan masyarakat sekitar dan pengunjung car free day," tuturnya.

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

David menyatakan para peserta CFD kerap abai terhadap sampah yang dihasilkan. Karena itu, pihaknya hadir agar masyarakat ikut tergerak untuk bersih-bersih sampah pengunjung.

"Setiap perkumpulan tentu meninggalkan masalah sampah. Karena itu, kami bagian dari bagaimana mengampanyekan dalam setiap kegiatan bahwa sampah harus dibersihkan," ucapnya.

Tim 7 Jokowi Bagi-bagi Susu Gratis Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran

David menjelaskan pihaknya juga terinspirasi oleh sosok Ganjar Pranowo dalam menggelar kegiatan bersih-bersih ini. Diketahui, bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP tersebut sangat peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan. 

"Pak Ganjar adalah inspirasi bagi kita semua. Salah satunya, program yang sudah dijalankan sewaktu menjabat gubernur Jawa Tengah," katanya.

David berharap masyarakat Banten, khususnya Kota Serang, lebih mengenal Ganjar Pranowo melalui kegiatan-kegiatan yang bersentuhan dengan rakyat.

"Harapannya, masyarakat Kota Serang lebih mengenal sosok Pak Ganjar sesuai dengan apa yang kami kampanyekan dalam bentuk praktik langsung bersentuhan dengan masyarakat," ucapnya.

Menurut David, ada belasan anak muda dan puluhan ibu-ibu yang berkontribusi membersihkan area CFD. Diharapkan, pengunjung lainnya bisa mencontoh kegiatan ini ke depannya.

"Ada sekitar 15 anak muda yang terlibat. Namun, alhamdulillah ibu-ibu di sini juga ikut berkontribusi," ucapnya.

Sementara itu, Rahul, peserta car free day, merasa tergugah setelah melihat gerakan Gardu Ganjar Muda untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dia juga mengajak para pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya.

"Kami peduli dengan lingkungan area car free day. Kami bekerja sama membuang sampah pada tempatnya," ucapnya.

Rahul berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat, khususnya pengunjung CFD di Kota Serang ikut tersadarkan akan sampah yang dihasilkan saat berbelanja di area tersebut.

"Harapannya kepada masyarakat, yang pasti, kami ingin lebih bersatu, peduli pada lingkungan," ucapnya.

Rahul juga berharap Ganjar Pranowo bisa terpilih sebagai presiden Indonesia dalam Pemilihan Presiden 2024. "Harapannya, semoga Bapak Ganjar menjadi presiden yang terbaik untuk Indonesia," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya