Kebakaran di Gunung Ciremai, 120 Petugas Pemadam Dikerahkan

Ilustrasi - Kebakaran hutan di kawasan Gunung Ile Mandiri, Kota Larantuk, NTT.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Dok. Roland Tuanaen.

Jawa Barat - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Indra Bayu mengatakan ada 120 petugas yang memadamkan api di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

"Jumlah personel pemadaman 120 orang terdiri dari Balai TNGC, TNI, Polri, pemadam kebakaran, tim kami, aparat desa setempat dan masyarakat," kara Indra dikutip dari Antara pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Menurut dia, titik kebakaran terjadi di Gunung Ciremai wilayah Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan pada Jumat, 25 Agustus 2023. Awalnya, kata dia, kebakaran hutan terlihat di Blok Batu Kuda, tapi menyebar ke sejumlah lokasi kawasan hutan.

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

"Pukul 10.30 WIB, Jumat kemarin, kepulan asap terlihat oleh masyarakat di kawasan Blok Batu Kuda. Kemudian api menyebar mengarah ke Bukit Seribu Bintang dan ke arah Blok Karang Dinding," jelas dia.

Memang, ia mengakui proses pemadaman sempat terkendala karena sulit untuk menjangkau daerah titik api yang banyak bebatuan dan berbahaya bagi petugas. Selain itu, angin kencang juga membuat api tersebar ke area lainnya.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

"Tim gabungan disebar ke beberapa titik untuk melakukan upaya pemadaman menggunakan peralatan seperti jet shooter, selang atau pipa air dan peralatan lainnya yang ada," ucapnya.

Maka dari itu, Indra mengatakan petugas gabungan membuat sekat bakar dari arah Bukit Seribu Bintang menuju Karang Dinding, yang dinilai efektif untuk memutus api menjalar ke lahan hutan lainnya.

"Pemadaman di beberapa titik lokasi dan pembuatan sekat bakar untuk mencegah api meluas," pungkasnya.(Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya