Resmikan LRT, Jokowi Singgung Jakarta Masuk 10 Kota Termacet Dunia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan LRT Jabodebek
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan, bahwa Jakarta menjadi 10 kota termacet di dunia. Kepala Negara menyebut, ratusan ribu kendaraan masuk ke Jakarta setiap harinya.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Itu diungkap oleh Presiden Jokowi, ketika meresmikan LRT Jabodebek. Moda transportasi massa ini disebut bakal mengurangi kemacetan di Ibu Kota saat ini.

"Kita tahu DKI Jakarta ini selalu masuk dalam 10 kota yang termacet di dunia. Kita selalu masuk sebagai 10 besar kota yang termacet di dunia. Setiap hari masuk 996 ribu kendaraan ke Jakarta setiap harinya," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian LRT Jabodebek, di Stasiun LRT Cawang, Jakarta, Senin, 28 Agustus 2023.

Presiden Jokowi bersama sejumlah kepala lembaga negara naik LRT Jabodebek

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Jokowi melanjutkan, karena banyaknya kendaraan yang masuk ke Jakarta, muncul berbagai permasalahan. Mulai dari macet hingga polusi udara seperti yang saat ini terjadi.

"Oleh sebab itu macet, polusi juga selalu ada di Jakarta," kata Jokowi.

Dengan adanya kemacetan dan polusi tersebut, Jokowi mengatakan pemerintah melakukan langkah antisipatif dengan membangun moda transportasi massal. LRT sebagai salah satu solusi yang dilakukan oleh pemerintah.

"Oleh sebab itu, mengapa dibangun MRT, LRT, KRL, Transjakarta, BRT Kereta bandara agar masyarakat kita semua beralih dr transportasi pribadi ke transportasi massal. Memang tidak mudah. Sebagai contoh MRT, meskipun setiap hari saya lihat penuh tetapi kapasitas yang kita inginkan setiap hari 180 ribu penumpang dan hari ini masih 80 ribu. Masih ada kapasitas yang belum penuh terisi," kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya , Presiden Jokowi meresmikan moda transportasi light rapid transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi hari ini, Senin, 28 Agustus 2023. Peresmian dilakukan di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Timur.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, tidak ingin ikut campur terkait posisi Presiden Jokowi di PDIP. Termasuk nasib kakaknya, Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024