PAN dan NU Dinilai Banyak Kesamaan, Makin Dekat dengan Rakyat

Ketum PAN Zulkifli Hasan ketika memimpin rombongan PAN ke KPU dalam pendaftaran bacaleg.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) dan Nahdlatul Ulama (NU) dinilai memiliki banyak kesamaan. Hal itu disebut membuat hubungan antara partai berlambang matahari tersebut dengan NU makin dekat.

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

Demikian dikemukakan tokoh pesantren Lumajang, Gus Lukman Nur Hakim. Menurut dia, salah satu kesamaan tersebut yaitu sama-sama berikhtiar untuk memperjuangkan kemaslahatan umat Islam. "PAN kami melihatnya sangat peduli dengan berbagai kegiatan keumatan," kata Gus Lukman, Selasa, 29 Agustus 2023.

Gus Lukman yang berasal dari Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hasan, Lumajang menyebutkan, PAN selama ini aktif dalam mengadvokasi dan membantu berbagai kepentingan umat Islam. Seperti memperjuangkan pelarangan pernikahan beda agama hingga ke Mahkamah Agung (MA).

Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU

Photo :
  • Dok. Istimewa

PAN peduli terhadap lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren dan madrasah. PAN secara aktif menyalurkan berbagai program seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada dua lembaga pendidikan Islam tersebut.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

PAN memandang kehadiran dua lembaga pendidikan Islam tersebut penting bagi peningkatan intelektual dan spiritual generasi muda bangsa.

Melihat perjuangan untuk umat tersebut, membuat banyak tokoh-tokoh NU yang tertarik bergabung dengan PAN. Di antaranya Gus Abdul Qodir dari Probolinggo, Gus Syaiful Nuri dari Pasuruan, dan Gus Afif Zamroni dari Mojokerto.

“Warga dan kalangan NU semakin tertarik dengan semangat PAN selama ini,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya