Menhub Budi Sebut Bandara Kertajati Beroperasi Penuh 28 Oktober 2023

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat akan beroperasi penuh pada 28 Oktober 2023 mendatang. Nantinya, penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan dialihkan ke Bandara Kertajati.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

"Mungkin clear bahwa (bandara) Kertajati tanggal 28 Oktober sudah berfungsi penuh. Jadi semua pesawat-pesawat yang ada di (Bandara Husein) Bandung akan dipindah ke Kertajati," kata Budi kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Agustus 2023. 

Budi mengatakan, Bandara Husein Sastranegara akan diberikan waktu satu tahun untuk memindahkan seluruh operasional penerbangan ke Bandara Kertajati. Setelah satu tahun, maka seluruh penerbangan akan dilakukan di Bandara Kertajati.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

"Di Bandung, masih ada pesawat baling-baling kita berikan waktu satu tahun nanti semuanya pindah ke Kertajati," tuturnya. 

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Lebih lanjut, Budi menyebutkan, akan ada bus Damri yang disiapkan sebagai konektivitas dari dan ke Bandara Kertajati. Bus Damri itu nantinya akan melayani warga di Bandung dan Cirebon.

"Damri juga akan memberikan subsidi, jadi paling tidak ada dua kota yang akan terpenuhi yaitu Cirebon dan satu lagi Bandung," kata Budi. 

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat pada  Selasa, 11 Juli 2023. 

Setibanya di Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka, sekitar pukul 08.00 WIB, Presiden Jokowi disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus. Presiden langsung meninjau fasilitas bandara tersebut.

Usai mengecek fasilitas di bandara tersebut, Jokowi mengatakan bahwa Bandara Kertajati di Majalengka mulai beroperasi penuh pada Oktober 2023 atau menerima pengalihan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

"Nantinya dimulai bulan Oktober akan operasi penuh, artinya dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet," kata Presiden Jokowi selepas meninjau fasilitas BIJB Kertajati, di Majalengka, Jawa Barat, Selasa, 11 Juli 2023.

Selain itu, Jokowi juga meresmikan operasional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan secara penuh di Cisumdawu Twin Tunnel KM 169/200, Kabupaten Sumedang. 

Dengan beroperasinya Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) secara penuh akan mempermudah akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka. 

“Diharapkan dengan beroperasinya jalan tol ini mempermudah konektivitas ke Bandara Kertajati. Dulu memang ini kita kerjakan bersama agar jalan tol rampung dan Bandara Kertajati juga rampung,” imbuhnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya