LSI: PAN Terus Berkembang, Elektabilitas Naik 100 Persen

PAN daftarkan bakal caleg ke KPU RI
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Jakarta – Hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebutkan, elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) mengalami peningkatan  sangat tajam menuju Pemilu 2024. 

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan, dalam hasil survei terhadap 18 partai politik (parpol) tersebut, partai yang dipimpin oleh Zulkifli Hasan ini mengalami kenaikan elektabilitas sebesar 100 persen dari tahun lalu. 

Berdasarkan hasil survei yang digelar 3-9 Agustus 2023 ini, PAN mendapatkan torehan hasil 4,3 persen. Angka tersebut meningkat dibandingkan setahun terakhir yang hanya 2,0 persen.

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU

Photo :
  • Dok. Istimewa

"Ini kita bandingkan dari setahun lalu, PAN ini menarik ya, sekarang elektabilitas di LSI berada di angka 4,2 persen (dari sebelumnya 2,0 persen), ini membutkan PAN terus berkembang menuju Pemilu 2024," katanya,  Rabu, 30 Agustus 2023.

Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

Djayadi mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat elektabilitas PAN meningkat tajam. Menurutnya, langkah PAN di Pilpres 2024 dengan mendukung Prabowo semakin menguatkan elektabilitas yang dimiliki.

"Gerakan atau manuver-manuver PAN belakangan yang cenderung makin dekat ke Prabowo, yang berkemungkinan memberikan efek positif (dukungan publik kepada PAN)," ujar Djayadi.

Diketahui, partai berlambang matahari ini  masuk Koalisi Indonesia maju yang dipimpin oleh bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto. Hal itu memberikan dampak positif bagi PAN.

Dengan lonjakan elektabilitas ini, PAN dapat lolos ambang batas parlemen yaitu sebesar 4 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya