7 Fakta Lift Maut di Resort Bali yang Tewaskan 5 Orang

ilustrasi police line atau garis polisi.
Sumber :
  • The Associated Press.

Bali – Belum lama ini lima orang yang merupakan karyawan resort meninggal dunia akibat kecelakaan lift yang dinaiki karyawan Ayu Terrace Resort, di Kabupaten Gianyar, Bali.

Sambut World Water Forum, Ditjen Imigrasi Permudah Visa hingga Siapkan Jalur Khusus

Peristiwa tersebut, terjadi di Ayu Terra Resort, Banjar Kedewatan Let, Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, pada Jumat, 1 September 2023 sekitar pukul 13.00 WITA. Nah, berikut deretan faktanya yang VIVA dapat bagikan:

Proses evakuasi korban tewas jatuhnya lift tabung Ayuterra Resort Ubud Bali

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial/Ayu Terra Resort
Knowing the World's Largest Lift: Can Accommodate 235 People Per Trip

Kronologi Kecelakaan

Dilansir dari tvOnenews, Mingu, 3 September, kapolsek Ubud Kompol I Made Uder menjelaskan, kejadian terjadi pada pukul 13.00 WITA saat lima karyawan tersebut  hendak naik. Kemudian, saat lift bergerak naik tiba tiba mendengar teriaka   para karyawan di iringi suara dentuman keras di lokasi.

Waspada Modus Pencuri Sepeda Motor yang Pura-Pura Kecelakaan

"Benar kecelakaan kerja terjadi di salah satu resort yang ada di ubud, dimana lift yang di naiki para karyawan jatuh di duga tali sling lift tersbut putus, di lokasi kita temukan dua orang karyawan meninggal dunia di lokasi dan tiga orang lainnya kita bawa ke rumah sakit terdekat,” kata Uder di lokasi kejadian, Jumat, 1 September 2023.

Wakil Gubernur Bali Temui Pihak Pengelola

Dilansir dari berita VIVA sebelumnya, Minggu, 3 September 2023, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau Cok Oke menyebut pihak pengelola juga sudah meminta para tamu untuk mencari resort lain di sekitarnya.

Cok Oke juga sudah meninjau lokasi kecelakaan lift pada Sabtu, 2 September 2023. Dia menuturkan dirinya mengecek lokasi lift dan menemui pihak pengelola. Menurut dia, semua pihak harus menunggu hasil investigasi dari pihak berwenang.

Dia menuturkan dirinya mengecek lokasi lift dan menemui pihak pengelola. Menurut dia, semua pihak harus menunggu hasil investigasi dari pihak berwenang.

Tim Inafis dan Labfor Polda Bali Lakukan Identifikasi

Wagub Bali Tjokorda Oka tinjau lokasi kecelakaan lift di Ayu Terra Resort Ubud.

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh

Dilansir dari tvOneNews, Minggu, 3 Setember 2023, tim Inafis dan Labfor Polda Bali, Sabtu (2/9) mendatangi Hotel Ayutera yang merupakan TKP lift naas yang menewaskan lima orang karyawan hotel pada Jumat siang kemarin. Petugas langsung melakukan pengecekan lintasan lift di lokasi kejadian. Selain itu petugas juga melakukan identifikasi terhadap rongsokan lift.

Kasat Reskrim Polres Gianyar, AKP Aryo Seno menerangkan kedatangan Tim Inafis dan Labfor Polda Bali ke TKP untuk mengetahui pasti penyebab putusnya tali sling lift yang menewaskan lima karyawan Hotel Ayutera dikawasan Ubud Gianyar, Bali.

"Kedatangan tim ke sini untuk mengetahui pasti penyebab putusnya tali sling lift pada Jumat siang kemarin. Kita melakukan pengecekan dari atas hingga bawah," ujar Aryo.

Resort Sudah Sesuai Rekomendasi Disnaker

Wagub Bali Tjokorda Oka tinjau lokasi kecelakaan lift di Ayu Terra Resort Ubud.

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh

Adapun Ayu Terra Resort disebut sudah jalani rekomendasi yang ditetapkan Disnaker Sumber Daya Manusia (SDM) seperti menyangkut listrik, box air. Selain itu, instalasi pemadam kebakaran hingga penggunaan lift juga sudah sesuai prosedur.

"Jadi, kita harus benar-benar menelusuri masalah ini. Jadi, sekarang tinggal pihak berwenang yang mencari di mana kesalahannya ini. Kita fokus di sini dulu,” ujarnya.

Terus akan Dipantau

Cok Oke mengungkapkan akan ada langkah-langkah tegas kepada pihak pengelola jika memang terbukti ada kelalaian. “Tentu sanksi sudah pasti ada jika terbukti ada kelalaian di sini,” tuturnya.

Pun, dia sudah meminta pihak pengelola untuk terus memantau, terutama keluarga korban yang ditinggalkan. “Pengelola juga harus memenuhi hak-hak karyawan tersebut, terutama yang berkaitan dengan asuransi kecelakaan kerja. Kita akan pantau itu,” kata Cok Ace.

Ditutup Sementara

Proses evakuasi korban tewas jatuhnya lift tabung Ayuterra Resort Ubud Bali

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial/Ayu Terra Resort

Dia menuturkan untuk saat ini pihak pengelola sudah berinisiatif terlebih dahulu menutup sementara hotel tersebut.

“Ini harus dijadikan pelajaran, apalagi wahana seperti itu tidak hanya di hotel ini. Hotel lain yang mempunyai fasilitas serupa harus benar-benar memperhatikan, terutama maintenance," jelasnya.

"Jangan sampai kasus seperti ini terulang. Saya atas nama pribadi dan Pemprov Bali benar-benar menyampaikan duka cita yang mendalam atas kasus ini,” tutur Cok Ace.

Pemeriksaan Saksi

Hingga saat ini kepolisian telah melakukan pemeriksaan terhadap tiga hingga empat orang saksi yang pada saat kejadian berada di lokasi.

"Untuk pemeriksaan saksi kita telah melakukan pemeriksaan terhadap tiga karyawan dan pihak teknisi yang biasa melakukan pengecekan terhadap lift tersebut," tutup Aryo.

Untuk pemeriksaan pengelola hotel hingga saat ini masih belum dilakukan mengingat masih dalam keadaan trauma

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya