Lansia Viral Kemudikan Mobil Oleng di Tol Ternyata Purnawirawan Kolonel TNI AL

Polisi mengecek nomor polisi mobil sedan yang viral mengemudi sempoyongan
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

Bogor – Identitas lansia dalam video viral saat mobilnya sempoyongan di jalan tol kemudian ditolong pengendara lain terungkap. Kakek yang bersama nenek di kursi penumpang belakang itu bernama F.G Manik seorang purnawirawan Kolonel Laut TNI AL berusia 84 Tahun warga  Perumahan Villa Nusa Indah Blok T4 No. 12 RT 03/ RW19, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

1500 Orang Bakal Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Banteng, Polisi Lakukan Ini

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggo Pranata menyampaikan, atas perintah Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, menyikapi video viral tersebut pihak Samsat melakukan pengecekan terhadap Plat Nomor Kendaraan tersebut yang terdaftar beralamat tempat tinggal di wilayah Kabupaten Bogor, terkait pengemudi lansia Hyundai Avega abu-abu NRKB F 1266 GP.

Petugas kemudian melakukan pengecekan terhadap alamat kepemilikan dari kendaraan jenis sedan Hyundai tersebut pada hari senin 4 September 2023 pukul 20.00 WIB.

11 Orang Ditangkap saat Polisi Gerebek 3 Rumah Mewah di Teluk Naga, Ternyata Markas Judi Online

Pengecekan yang dilakulan oleh Kanit Kamsel Satlantas Polres Bogor bersama Aipda Yogi dan Bripda Fariz.

Kolonel Laut Purnawirawan F.G Manik, pengemudi sedan yang jalan sempoyongan

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR
KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

"Pengemudi yakni Bapak F.G Manik Kolonel laut Purnawirawan Usia Sekitar 84 Tahun). Dengan Alamat Perumahan Villa Nusa Indah Blok T4 No. 12 RT 03/RW19, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Setelah dilakukan wawancara bahwa benar yang bersangkutan adalah pengemudi sedan Avega abu2 Yang viral," kata Dicky dalam keterangnya, Rabu 6 September 2023.

Dicky menyampaikan, saat ini kakek tersebut dalam keadaan sehat. Petugas juga menemui anak F.G Manik bernama Danu. Dalam pertemuan itu polisi mengimbau agar melarang orang tuanya mengendarai.

"Beliau sehat dan baik-baik saja, kemudian sudah dilakukan himbauan kepada pengemudi dan anak kandungnya yakni bapak Danu agar tidak mengemudikan lagi kendaraan karena dikhawatirkan menggangu keselamatan diri maupun orang lain, mengingat kondisi umur dan keadaan fisik yang sudah tidak layak mengemudi," jelasnya.

Terkait kejadian ini juga, Kasi Humas Polres Bogor  IPTU Desi Triana, menyampaikan apabila warga masyarakat ada yang menemukan hal- hal yang mengganggu Kamtibmas dan menemukan tindakan kriminalitas lainnya. Seperti adanya perekrutan tenaga kerja ilegal dengan menjanjikan gaji besar akan tetapi tidak resmi payung hukumnya dalam tindak pidana perdagangan orang TPPO.

"Segera adukan laporkan ke Call Center (021) 110 operator kami melayani 24 jam aduan serta laporan masyarakat dan akan ditindak lanjuttin baik dari Polsek terdekat maupun Polres Bogor langsung," jelasnya.

Viral Ditolong Orang Baik

Sebelumnya diberitakan VIVA Trending, Beredar di sosial media sebuah video yang memperlihatkan Lansia suami istri yang berada di dalam satu mobil hampir mengalami kecelakaan dan diselamatkan oleh orang yang sudah memperhatikan cara mengemudi yang tidak biasa lansia itu sejak dari parkiran. Video itu diunggah oleh salah satu akun TikTok @iyaaainimenyun dan viral.

Viral Lansia Ini Hampir Alami Kecelakaan Saat Bawa Mobil

Photo :
  • Tangkapan Layar

“Benerbener langsung keingat mama sama babe,” tulis keterangan video, dikutip Minggu, 3 September 2023.

Di dalam video awalnya terlihat sebuah mobil sedang berwarna abu-abu yang sedang mengalami kesusahan di gerbang parkir saat pembayaran yang dilakukan sendiri. Sampai-sampai terlihat seorang pria lansia keluar dan berhasil jalan.

Perekam yang merupakan penumpang dari mobil di belakangnya pun setelah keluar dari area parkiran mengikuti mobil yang dikendarai oleh lansia tersebut. Mobil tersebut melewati salah satu jalan di Jakarta dan hampir beberapa kali mengalami kecelakaan.

Kemudian, perekam berusaha untuk membuat berhenti mobil yang dikendarai lansia tersebut. Terlihat untuk memberhentikan mobilnya tersebut, itu sangat susah sekali, sampai terlihat di dalam video mobil itu menempel dengan pembatas jalan beberapa kali dan berhenti.

Setelah mobil itu berhenti, di dalam mobil ada seorang pria lansia memakai batik abu-abu dan celana training hitam terlihat lemas dan seorang perempuan lansia beada di belakang tempat duduk mobil.

Pengunggah menuliskan sebuah pesan untuk anak dari lansia tersebut jika melihat video untuk tidak usah bepergian karena umur:

“Kalau bapak dan ibu ini punya anak, semoga video ini fyp ke anaknya. Agar mereka tau kalau kedua orang tuanya sudah sangat tidak bisa untuk bepergian berdua saja, apalagi mengendarai mobil.” Tulis ungkapan perekam di dalam video.

Lantas video itu mengundang banyak reaksi netizen yang memberikan pujian kepada sang perekam yang sudah peka dan menolong kedua lansia tersebut:

“Gategaaaaaaaa pasti kakinya sakit ya pak pasti pegel ya aku aja yg masih muda kalo jauh sakit gimana bpknya,” kata netizen dalam kolom komentar.

“Makasih bangeet kak udah buntutin dibelakang biar bapak ibunya baikbaik aja, kelanjutannya gimana pls pengen tau,” ucap netizen lain.

“Makasih Kak Udh peduli semoga vidio ini bisa sampai ke anaknya agar lebih diperhatikan untuk keselamatan ibu dan bpknya.amin,” ungkap netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya