Momen Pemimpin Negara ASEAN hingga Wapres AS Kompak Pakai Batik di Gala Dinner KTT ASEAN

PM Kanada, Justin Trudeau dan putranya, Xavier Trudeau di Gala Dinner KTT ASEAN
Sumber :
  • asean2023.id

Jakarta – Rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di hari kedua ditutup dengan Gala Dinner di Hutan Kota Plataran, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu malam, 6 September 2023. Gala Dinner para tamu undangan ini kembali menarik perhatian publik.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Lokasi tempat acara makan malam para pemimpin dunia itu telah disiapkan sedemikian rupa dan sangat indah bila dilihat dengan mata. Menurut pantauan, jalan menuju ruang makan malam terasa sangat indah dengan hiasan bunga dan pohon-pohon yang tampak menyala. 

Bukan hanya itu saja, tempat makan malam para tamu sudah diatur supaya menghadap ke panggung utama dan tampilannya sangat spektakuler karena melibatkan empat gedung besar di sekitarnya sebagai layar besar. Layar ini menampilkan berbagai kreasi video yang indah. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

PM Kanada, Justin Trudeau dan putranya, Xavier Trudeau di Gala Dinner KTT ASEAN

Photo :
  • asean2023.id

Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Jokowi menyambut kehadiran tamu undangan para pemimpin dunia dan mitra ASEAN satu persatu. Namun, ada hal unik yang dikenakan oleh para tamu undangan tersebut, yaitu mereka kompak mengenakan pakaian batik Indonesia. 

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Mereka mengenakan batik dengan motif yang beragama dan juga warna beragam. Berdasarkan urutan kedatangan, pemimpin yang hadir dalam kesempatan tersebut adalah PM Kamboja Hun Manet dan istri, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan Pangeran Abdul Mateen, PM Australia Anthony Albanese dan istri, PM Laos Sonexay Siphandone dan istri.

PM Timor Leste Joget di Gala Dinner KTT ASEAN

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Tidak lama setelah itu, datang Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, lalu disusul PM Kepulauan Cook Mark Brown, PM Malaysia Anwar Abbas dan istri, PM Timor Leste Xanana Gusmao, serta PM Kanada Justin Trudeau dan putranya.

Berikutnya disusul oleh PM Jepang Fumio Kishida yang datang bersama istri, begitu pula dengan Presiden Singapura Lee Hsien Loong. Sedangkan PM Vietnam Pham Minh Cinh datang tanpa pendamping. Lalu disusul oleh Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dan istri.

Kamala Harris

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Thailand diwakili langsung oleh utusan khusus yaitu Sihasak Phuangketkeow. Kemudian hadir juga Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan istri, PM China Li Qiang, dan terakhir disusul Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Semua tamu undangan dan para pemimpin negara ASEAN dibimbing masuk ke ruang gala dinner sekitar pukul 20.00 WIB. Mereka duduk sambil bercengkrama satu sama lain. Presiden Jokowi pun tak lupa memberikan sambutan di Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya