Megawati Bilang Ibu Negara Korea Selatan Sudah Penuhi Keinginannya Lihat Istana Batu Tulis

Megawati dan Ibu Negara Korsel Kim Keon Hee, di Istana Batu Tulis Bogor
Sumber :
  • PDI Perjuangan

Bogor – Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-5, menerima kunjungan dari Ibu Negara Korea Selatan (Korsel), Kim Keon Hee, di Istana Batu Tulis, Bogor Jawa Barat, Kamis 7 September 2023.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Megawati mengakui, pertemuan dengan Kim tersebut karena memang keinginan dari Ibu Negara Korsel tersebut. Ketika dirinya mengunjungi Korea Selatan beberapa waktu lalu.

"Saat bertemu di Korea Selatan, Ibu Negara Korsel menanyakan nanti kalau datang ke Jakarta dalam sebuah kesempatan, beliau minta supaya bisa diacarakan di sini. Beliau ini menurut saya sangat senang seni, seperti arsitektur. Kalau tadi beliau melihat sangat kagum, karena rumah ini dibuat sendiri oleh Bung Karno. Kalau tidak salah dimulai tahun 1960," jelas Megawati usai menerima Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee.

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

Megawati sendiri sudah sering mengunjungi Korea Selatan. Termasuk juga Korea Utara. Bahkan mendapat amanah sebagai special envoy untuk perdamaian Semenanjung Korea. Megawati bahkan pernah membawa misi perdamaian ke Korea Utara pada Maret 2002 dan berlanjut ke Korea Selatan pada April 2002. 

Tidak hanya itu, bahkan Megawati tercatat sebagai undangan menghadiri pelantikan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, suami Kim pada Mei 2022. Di pendopo, foto kunjungan Megawati saat pelantikan Presiden Yoon diperlihatkan Megawati ke Ibu Negara Kim.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Ibu Negara Kim, kata Megawati, ternyata juga tertarik untuk bisa menginap di Istana Batu Tulis ini. Itu diungkapkannya, saat keduanya bersantai sambil berbincang sembari memandangi Gunung Salak dan Sungai Cisadane.

"Memang benar. Karena saya bilang kebun ini besar sampai ke belakang. Takutnya tidak cukup waktu. Saya bilang silahkan kalau kapan-kapan datang lagi. Beliau seperti menganggap saya ibunya. Saya bilang silahkan kalau mau menginap di sini. Tadi saya tunjukkan sebuah kamar yang bisa untuk ditempati," kata Megawati sambil tersenyum.

Diakui oleh Megawati, bahwa Ibu Negara Kim sangat puas bisa melihat langsung Istana Batu Tulis. Bahkan mereka berdua berpose berdiri di depan lukisan Bung Karno. Sekira Pukul 19.20 WIB, Megawati melepas Ibu Negara Korsel.

"Beliau senang sekali dan kagum dengan Istana Batu Tulis," ujar Ketua Umum PDI Perjuangan itu.

"Beliau benar-benar ingin menikmati kunjungan ini dan minta supaya acara ini tertutup untuk media," pungkas Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya