Pertemuan dengan Yenny Wahid Diyakini Tambah Dukungan Moral dan Politik bagi Prabowo

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto
Sumber :

Jakarta – Bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto bertemu dengan Yenny Wahid, putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, beberapa hari lalu. Pertemuan tersebut diyakini dapat menambah dukungan moral dan politik bagi Menteri Pertahanan itu di Pilpres 2024.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Demikian dikemukakan Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro. Menurut dia, adanya pertemuan kedua tokoh tersebut, bisa ditafsirkan sebagai bagian dari ‘ikhtiar’ Prabowo untuk mendulang suara dukungan dari nahdliyin, atau lebih tepatnya jaringan Gusdurian. 

“Kunjungan itu tentu saja akan menambah dukungan moral dan politik terhadap pencalonan Prabowo Subianto pada pemilihan Presiden 2024,” kata Bawono, Jumat, 8 September 2023. 

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Meski Yenny belum bernaung di sebuah partai politik, kata Bawono, langkah Yenny itu mesti diwaspadai lantaran ia merupakan putri kandung Gus Dur dan otomatis sudah NU sejak lahir. 

Prabowo Subianto dan Yenny Wahid jumpa pers di Kertanegara

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Di sisi lain, Bawono mencermati, mendekati sosok yang dianggap NU tidak akan membuahkan hasil optimal bagi tingkat elektabilitas jelang Pilpres 2024, apabila tidak dikonsolidasikan dengan kerja-kerja politik. 

Hal itu berkaca pada gelaran Pilpres 2004 lalu, dimana ada dua tokoh NU yang ikut serta dalam kontestasi sebagai calon wakil presiden (Cawapres). Namun, kejutan hadir karena yang memenangkan kontestasi Pilpres saat itu adalah sosok yang sama sekali tidak merepresentasikan NU. 

“Jadi tidak cukup dengan menggandeng figur berlatar belakang NU untuk menggaransi kemenangan. Namun juga harus diiringi dengan pendekatan terhadap elit dan warga Nahdlatul Ulama secara struktural maupun kultural,” ujar Bawono. 

Sebelumnya, pertemuan Prabowo dengan Yenny Wahid berlangsung di kediaman Prabowo, di Jalan Kertanegara IV itu sarat dengan beberapa simbol dukungan jelang Pilpres 2024. Pada pertemuan tersebut, Yenny bahkan tak segan mengungkapkan bila Prabowo masuk dalam daftar teratas capres prioritasnya dan jaringan Gusdurian. 

“Pak Prabowo ini punya visi yang luar biasa bagi kami. Pak Prabowo ini top list, prioritas paling utama karena ada kesamaan-kesamaan visi, jadi rasional,” kata Yenny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya