Kebakaran Gunung Bromo Mulai Terkendali, Pendinginan Terus Dilakukan

Kondisi kebakaran Gunung Bromo di Blok Watangan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

Probolinggo – Kebakaran di kawasan Gunung Bromo yang disebabkan flare foto pre wedding pada Rabu, 6 September 2023 lalu mulai terkendali. Kebakaran ini melahap habis padang savana yang ada di bukit teletubbies. 

Cak Imin Rahasiakan Calon dari PKB Untuk Pilgub Jatim: Kalau Bocor Ketahuan Khofifah Bahaya

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Septi Eka Wardhani mengatakan, saat ini masih dilakukan pemadaman dan juga pendinginan. Tetapi secara umum kebakaran sudah mulai terkendali. 

"Saat ini masih dilakukan upaya pemadaman dan pendinginan. Tapi api sudah mulai terkendali," kata Septi, Sabtu, 9 September 2023. 

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Kondisi kebakaran Gunung Bromo di Blok Watangan.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

Terpantau kondisi kebakaran Gunung Bromo menyisahkan 1 titik api di blok Watangan. Lokasi ini berada bersebelahan dengan bukit teletubbies yang terbakar akibat flare calon pengantin yang sedang melaksanakan foto pre wedding. 

Ingin Duet Lagi di Pilkada Jatim, Khofifah Akui Merasa Nyaman dan Produktif bersama Emil

"Lokasinya di pelerengan di atas bukit tingkat kemiringan yang cukup terjal. Tapi saat ini tim TNBTS beserta gabungan terus berupaya untuk mengendalikan dan melakukan pemadaman di lokasi tersebut," ujar Septi. 

Septi pun menuturkan, kemungkinan wisata Gunung Bromo akan kembali dibuka jika kondisi kebakaran benar-benar padam. Sebagai otoritas pariwisata di Gunung Bromo mereka enggan gegabah membuka wisata sebelum api benar-benar padam. 

"Target tentu sesegera mungkin (pemadaman). Selanjutnya wisata dibuka setelah kondisi memungkinkan," ujar Septi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya