Harga Kian Naik, Warga Sidoarjo Dapat Tebus Murah Beras

Program tebus sembako murah bagi ratusan warga Sidoarjo
Sumber :
  • Istimewa

Sidoarjo - Kenaikan harga beras itulah yang tengah dirasakan rakyat kecil, mereka merasakan sangat tercekik. Tidak pakai teori, Relawan SandiUno inisiasikan program tebus sembako murah bagi ratusan warga Sidoarjo, Jawa Timur. 

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

Ketua Gerbong Pecinta SandiUno Sidoarjo, Joko Dwitanto mengatakan, program ini hadir untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, terpenting memberikan solusi harga beras dan minyak goreng yang dapat ditebus sebesar Rp 15 ribu. Sehingga para ibu rumah tangga dapat mencukupi bahan pangan bagi keluarga.

Mayoritas pembeli tebus sembako murah ialah para ibu rumah tangga yang tidak berpenghasilan, dengan begitu kenaikan beras membuatnya memutar otak dalam membagi kebutuhan pokok setiap hari.

Bentuk Kepedulian Muhammadiyah Buat Penyandang Difabel

"Kami Gerbong Pecinta SandiUno membantu masyarakat di dalam meringankan beban mereka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, terutama sembako. Kehadiran kami memberikan solusi, itulah salah satu fungsi dengan ide gagasan dari Pak Sandi. Beras semakin hari melambung tinggi, semoga ke depannya bisa menekan seluruh kebutuhan bahan pokok, masyarakat bisa menikmati harga murah dan kualitas yang bagus," kata Joko di Warung Galena, Desa Banjarbendo, Kabupaten Sidoarjo, dikutip Rabu, 13 September 2023.

"Cukup membayar hanya Rp 15 ribu bisa membawa pulang beras premium 3kg dan minyak goreng 1liter, itu sudah jauh lebih murah dari harga di pasaran," sambungnya.

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Joko mengakui program sembako murah ini paling diutamakan bagi Gerbong Pecinta SandiUno. Selain itu, ia juga memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ibu-ibu sebagai bentuk memupuk semangat berwirausaha untuk menghasilkan pendapatan ekonomi.

"Khusus untuk program sembako murah berkelanjutan, sampai harga pokok stabil kami akan lakukan. Kemudian kita juga memberikan kegiatan kewirausahaan, tidak hanya memberi ikannya tapi diberikan juga kailnya, mulai dari pelatihan didampingi, pemasarannya, bahkan sampai akses permodalan dibantu, sehingga ada nilai tambah yang menghasilkan pendapatan ekonomi keluarga," ujar Joko.

Menparekraf, Sandiaga Uno populer dan disukai kalangan anak muda hingga emak-emak. Dikarenakan gagasannya tepat sasaran dengan rakyat.

"Pak Sandi luar biasa ide-idenya dan ini yang melakat dari karakternya Pak Sandi, tidak hanya sekedar pencitraan, tapi kegiatan beliau sudah lama dilakukan. Kami sebagai relawan sudah se-visi dengan gagasan beliau dalam membantu lapisan masyarakat yang paling bawah," ungkap Joko.

Joko bersama pihaknya konsisten merespon keluhan masyarakat sesuai ke wainginan dan skillnya, yakni diadakannya pelatihan di berbagai Kabupaten/Kota.

Sementara itu, salah seorang pembeli sembako Titis, (38), menyampaikan keluhan harga beras yang biasanya Rp 50 ribu sudah dapat 5kg sekarang hanya dapat 3kg. Dengan demikian, ia merasakan bantuan langsung Sandiaga Uno dan berharap akan ada program lanjutan seperti pelatihan untuk ibu rumah tangga.

"Beban saya rasakan, biasanya harga beras Rp 10 ribu sekarang menjadi Rp 16 ribu. Program ini membantu sekali, senang sekali berharap ada lagi dan juga diadakan pelatihan bagi ibu rumah tangga yang bisa menghasilkan cuan, nantinya bisa membantu ekonomi keluarga," jelas Titis.

Titis dan pembeli sembako murah lainnya mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno, mereka mendoakan Sandiaga sukses dalam membantu meningkatkan ekonomi rakyat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya