Museum Nasional Kebakaran, Mendikbudristek: Prioritas Utama Selamatkan Benda Bersejarah

Kebakaran Museum Nasional.
Sumber :
  • Andrew Tito/VIVA.

Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim meninjau langsung lokasi kebakaran yang melanda Museum Nasional, pada Gedung A, Sabtu malam, 16 September 2023.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Pada kesempatan itu, Nadiem menegaskan bahwa pihaknya akan memprioritaskan penyelamatan benda-benda bersejarah atau artefak yang ada di dalam museum.

"Pertama prioritas utama kita sekarang adalah sebenarnya menyelematkan sebanyak mungkin artefak-artefak atau benda-benda bersejarah yang ada di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini," kata Nadiem kepada wartawan, Minggu, 17 September 2023.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Nadiem juga menegaskan bahwa telah berkoordinasi dengan tim serta pakar museum, yang akan melakukan kerja sama dengan kepolisian untuk memastikan benda-benda bersejarah dapat diamankan.

Museum Nasional kebakaran

Photo :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

"Jadinya kami telah berkoordinasi, jadi kami membuat tim gabungan antara tim museum dan pakar museum yang akan bekerja sama dengan aparat kepolisian dan juga aparat pemadam kebakaran untuk memastikan bahwa benda-benda tersebut bisa kita catat apa kerusakannya dan juga bisa kita amankan bagi yang bisa diamankan," katanya.

Nadiem juga mengaku sangat bersedih atas musibah kebakaran yang terjadi pada Museum Nasional tersebut. Ia lantas meminta pihak kepolisian untuk mengusut penyebab terjadinya kebakaran itu.

"Jadi ini merupakan hal yang sangat menyedihkan buat kami bahwa ini bisa terjadi. Tentunya tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk bisa segera melakukan investigasi mengenai apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," kata dia.

Diketahui, Museum Nasional atau Museum Gajah, yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, seberang Monas dilanda kebakaran, Sabtu malam, 16 September 2023, dalam kejadian ini 13 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan personil yang diterjunkan ke lokasi juga ada sebanyak 52 orang dalam kloter pertama penanganan.

"Pengerahan unit ke lokasi 13 unit dan 52 personil," ujar Satriadi Gunawan dalam keterangannya, Sabtu 16 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya