Nadiem Makarim Pastikan Tak Ada Korban Jiwa di Kebakaran Museum Nasional

Museum Nasional kebakaran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim meninjau lokasi kebakaran yang melanda bangunan Gedung A Museum Nasional Indonesia, pada Sabtu malam, 16 September 2023.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Museum Nasional Indonesia terbagi menjadi tiga bangunan utama, yakni gedung A, Gedung B dan Gedung C. Kebakaran saat ini diketahui terjadi di bagian belakang Gedung A dan sampai dengan pukul 22.40 api sudah padam. 

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Saat ini, prioritas utama kami adalah upaya perlindungan maksimal terhadap artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum," kata Nadim kepada wartawan, Sabtu, 17 September 2023.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Tim investigasi internal juga dikerahkan Mendikbudristek untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta agar segera melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan. 

"Kemendikbudristek akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa penyelidikan berjalan dengan transparan," katanya.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Museum Nasional kebakaran

Photo :
  • ANTARA/Humas JakFire

Informasi pembaruan secara berkala kepada masyarakat akan disampaikan seiring dengan perkembangan situasi. 

"Kami memohon doa dan dukungan dari semua pihak agar peristiwa ini dapat segera berangsur membaik," tuturnya.

Diketahui, Museum Nasional atau Museum Gajah, yang berlokasi di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, seberang Monas dilanda kebakaran, Sabtu malam, 16 September 2023, dalam kejadian ini 13 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan personil yang diterjunkan ke lokasi juga ada sebanyak 52 orang dalam kloter pertama penanganan.

"Pengerahan unit ke lokasi 13 unit dan 52 personel," ujar Satriadi Gunawan dalam keterangannya, Sabtu 16 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya