Ganjar Berbagi Pengalaman di Jateng: Digitalitasi Buat Aduan Masyarakat Direspons Cepat

Bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo menyampaikan pentingnya digitalisasi dalam mengubah paradigma birokrasi di pemerintahan. Menurutnya, langkah ini akan membawa pengalaman luar biasa dalam pelayanan publik

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Hal itu disampaikan Ganjar saat berbicara pada acara Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan tema 'Ganjar Jawab Tantangan Masa Depan Indonesia' di The Ballroom XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat, hari Minggu, 17 September 2023.

"Digitalisasi kemudian bisa memudahkan dan membikin ini pengalaman luar biasa, apa yang luar biasa? Mengubah cara berpikir para birokrat. Dari mereka yang dulu melayani biasa-biasa saja, sekarang luar biasa," kata Ganjar.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Bacapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Ganjar juga membagikan pengalaman pribadinya ketika menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah (Jateng). Pada masa itu, ia mengeluarkan kebijakan bahwa setiap keluhan masyarakat harus mendapatkan respons dalam waktu 1 x 24 jam. 

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

"Saya kasih aturan 1 x 24 jam harus direspons, dijawab aja, kalau 1 x 24 nggak kamu respons kamu masuk dashboard saya," ucapnya. 

Lebih lanjut, Ganjar menyebut bahwa jika hal tersebut terjadi sampai tiga kali, ia tidak segan untuk menghubungi kepala dinas terkait dengan pertanyaan, "Bu, Pak, apa sudah bosan jadi kepala dinas?," katanya.

Ganjar menegaskan bahwa kebijakan tersebut telah berhasil menghilangkan jarak antara masyarakat dan kepala dinas. Hal ini karena keluhan yang disampaikan bisa langsung direspons oleh pihak terkait. 

"Akhirnya kemudian tidak ada lagi jarak antara kepala dinas dan dengan rakyat karena dia mendapatkan respons secara langsung," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya