Kebakaran Hebat TPA Jatibarang Semarang, Kendaraan Pengangkut Sampah Diminta Tak Mondar-mandir

Pemadaman kebakaran di TPA Jatibarang Semarang, Senin siang, 18 September 2023.
Sumber :
  • tvOne/Didiet Cordiaz.

Semarang – Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Jatibarang Semarang terbakar hebat pada Senin siang, 18 September 2023. Barang-barang yang mudah terbakar membuat api cepat merambat hingga asap mengepul.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Agar penanganan berjalan cepat dan lancar, Tim pemadam kebakaran (Damkar) Kota Semarang meminta agar aktivitas keluar masuk sampah dihentikan sementara. Hal ini dilakukan agar tidak ada ketersendatan akses untuk mobil Damkar yang masuk. Sehingga unit armada bisa mudah untuk keluar masuk mengambil air.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Nurkholis mengatakan, pihaknya sudah meminta kepada kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk membatalkan sementara akses keluar masuk kendaraan pengangkut sampah.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

“Karena jangan sampai penanganan kami terganggu. Di satu sisi untuk antisipasi untuk di lokasi nanti ada truk-truk masuk kemudian dan ada bongkar sampah tentunya akan menjadi suatu kendala bagi kami,” ujar di lokasi.

Ia mengatakan jika saat ini total sudah ada tujuh personil dari enam armada yang tiba di lokasi untuk pemadaman api. Pihaknya juga dibantu suplai air dari Dinas terkait.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

“Dari enam akan kami tambah dua jadi nanti ada delapan armada. Kami juga sudah komunikasi dengan terkait termasuk dari PDAM dan DPU, DLH untuk mensupport tangki air jadi jika air habis armada kami tidak perlu keluar dan bisa langsung disambung,” jelasnya.

Dirinya mengakui jika permukaan tanah yang menanjak membuat kendala dalam proses pemadaman. Selain itu, api yang berada di posisi puncak cepat membesar lantaran tiupan angin yang kencang.

“Ditambah cuaca-cuaca kering jadi itu yang cukup memicu terjadinya suatu kebakaran. Namun saat ini dugaan api belum diketahui,” paparnya.

Sapi pemakan sampah di TPA Jatibarang Semarang, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

Sebelumnya, Kepala UPTD TPA Jatibarang, Wahyu Heryawan mengatakan, peristiwa ini terjadi pada pukul 14.00 WIB. Menurut informasi yang ia terima, awal mula terjadinya kebakaran berada di titik atas TPA Jatibarang.

“Awalnya di TPA yang sudah ditutup dan tadi siang kondisi agak mendung anginnya kencang terjadi percikan api kemudian menjalar ke bawah,” ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Dirinya mengaku jika penyebab kebakaran belum ditemukan. Sampai saat ini, ia memprediksi jika lahan yang terbakar seluas satu hektar dari 46 hektar.

“Total satu titik cuman menjalar saja. Ada bedeng yang terbakar dan beruntung tidak ada orangnya,” jelasnya.

Laporan: tvOne/Didiet Cordiaz

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya