Megawati Tinjau Kondisi Museum Nasional Setelah Kebakaran

Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri mengunjungi Museum Nasional.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri mengunjungi Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa, 19 September 2023. Ia ingin melihat kondisi Museum Nasional yang terbakar pada Sabtu, 16 September 2023 sekitar pukul 20.00 WIB.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Tak sendirian, Megawati Soekarnoputri tampak didampingi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto saat mengunjungi Museum Nasional Indonesia itu.

Dengan memakai baju lengan panjang berwarna biru, Megawati tiba di Museum Nasional dan disambut oleh Mendikbudristek Nadiem Makariem dan Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Laksana Tri Handoko, Wakil Kepala BRIN Laksamana Madya Amarulla Octavian, dan Sejarawan Bonnie Triyana.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Setelah itu, mereka langsung masuk ke dalam Museum Nasional. Puluhan anggota Brimob juga tampak mengamankan lokasi Museum Nasional.

Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri mengunjungi Museum Nasional.

Photo :
  • Istimewa
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Hingga saat ini, aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Museum Nasional usai kebakaran.

Kebakaran di Museum Nasional diduga terjadi karena korsleting arus listrik di bedeng proyek renovasi museum dan mengakibatkan enam ruangan terbakar yakni di Gedung A.

Sejumlah rekaman kamera CCTV (closed circuit television) diamankan polisi guna dianalisa dalam mencari penyebab pasti kebakaran Museum Nasional atau Museum Gajah.

“Itu pun masih harus kita dalami, karena dari tayangan CCTV yang ada itu masih, CCTV yang tidak langsung memperlihatkan ke titik (api),” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Komarudin kepada wartawan, Selasa 19 September 2023.

Rekaman kamera CCTV itu masih didalami. Pasalnya, rekaman belum sepenuhnya merekam detik-detik kebakaran lantaran kamera mati buntut kabel terbakar. Cuma sedikit gambar yang terekam.

“Hanya terlihat warna kemerahan yang ada pada bagian belakang museum. Jadi itu hanya sekedar petunjuk saja. Belum, (belum jelas titik apinya),” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya