Titik Terang Kasus Mayat Tanpa Kepala di Lampung, Kecelakaan Kapal Nelayan Jadi Petunjuk

Petugas mengevakuasi mayat tanpa kepala di pesisir pantai Lampung.
Sumber :
  • tvOne/Puji.

Lampung – Polda Lampung menemukan titik terang dalam pengungkapan kasus 4 mayat tanpa kepala yang ditemukan di perairan Lampung Selatan dan Tanggamus. Dari 27 laporan orang hilang yang masuk ke polisi, ada satu laporan warga terkait orang hilang yang identik dengan ciri-ciri salah satu dari 4 mayat tanpa kepala.

Misteri Kematian Satpam di Agam Tanpa Kedua Bola Mata, Saksi Ungkap Ini

"Dari 27 laporan yang masuk, terdapat Ibu Juni asal Indramayu yang kehilangan saudaranya sekitar sebulan dengan menggunakan kaos seperti yang kenakan salah satu mayat. Saudaranya itu hilang akibat kecelakaan laut dan belum ditemukan," kata  Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, Selasa, 19 September 2023.

Menurut Kabid Humas, Ibu Juni memberikan bukti adanya baju kaos yang sama dengan  yang dipakai salah satu mayat yang ditemukan. Kemudian, Polres Lampung Selatan  juga menindaklanjuti informasi tersebut dengan dihubungkan keterangan Kayim, salah satu orang tua dari awak kapal yang hilang. 

Detik-detik Pembunuh Keluar Hotel Bawa Jasad Wanita dalam Koper yang Ditemukan di Cikarang

Kayim menjelaskan 2 anaknya merupakan awak kapal tersebut atas nama Kasi (35 th) dan Tarsoni (25 th), sekitar 1 bulan yang lalu hilang bersama dengan 10 orang nelayan lainnya.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik

Photo :
  • tvOne/Pujiansyah
Reaksi Pembunuh Mayat Wanita Dalam Koper di Cikarang saat Ditangkap

Atas informasi Kayim tersebut, Polda Lampung telah berkoordinasi dengan Polda Jabar, Polda Metro Jaya dan beberapa Polda di wilayah Sumatera.

"Dari hasil koordinasi tersebut diperoleh informasi dari  Ditpolairud Polda Metro Jaya bahwa pada tanggal 21 Agustus 2023, telah terjadi kecelakaan laut di perairan laut Jawa. Dari 12 kru, 3 orang selamat dan 9 orang hilang," ujar Umi

Kejadian kecelakaan tanggal 21 Agustus 2023, namun 3 orang yang selamat baru melaporkan pada tanggal 27 Agustus 2023 ke Ditpolairud Polda Metro Jaya. 

Kapal yang mengalami kecelakaan tersebut merupakan kapal nelayan Bintang Mutiara Jaya di perairan seputar Cirebon Jawa Barat yang sedang mencari tangkapan cumi cumi.

"Berawal dari keterangan Bapak Kayim, Polda Lampung berkoordinasi dengan Polres Indramayu untuk membantu mencari keberadaan keluarga dari 9 orang yang hilang. Tim DVI Biddokkes Polda Lampung telah siap untuk melakukan tes DNA kepada keluarga," lanjut Umi.

Sebelumnya diberitakan, Polda Lampung telah menemukan 4 mayat, 2 di Kabupaten Tanggamus dan 2 di Kabupaten Lampung Selatan. Ke 4 mayat tersebut tidak memiliki kepala, telapak tangan dan telapak kaki. Polda juga telah mengajukan permohonan otopsi di RS Bob Bazar Kalianda dan RS Bhayangkara Polda Lampung.

Laporan: Pujiansyah/tvOne Lampung 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya