TNI Gelar Latihan Bersama dengan 11 Negara ASEAN di Pelabuhan Batam

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama sejumlah petinggi militer ASEAN
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Batam – Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengelar acara latihan bersama pertama dengan militer 11 negara-negara ASEAN dalam acara ASEAN Solidarity Exercise (Asex-01) Natuna di Dermaga Batu Ampar, Batam, Selasa 19 September 2023.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono bersama sejumlah petinggi perwakilan militer negara-negara ASEAN membuka acara tersebut dengan dilakukan sebuah upacara.

"Tanggal 19 September 2023, latihan Asex-01 Natuna 2023 saya nyatakan dibuka," ujar Yudo di Dermaga Batu Ampar, Batam, Selasa 19 September 2023.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Yudo mengatakan tujuan utama Latihan militer 11 negara ASEAN ini digelar dari Batam menuju ke Natuna (Ranai), Kepulauan Riau, yaitu untuk Promoting Regional Peace and Stability through ASEAN Military Cooperation.

latihan gabungan kapal perang

Photo :
  • Dokumentasi Lantamal IV Tanjungpinang
Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

"Nanti rutenya dari Batam menuju ke Ranai dan di Ranai kita akan laksanakan bakti sosial, bakti kesehatan, intinya untuk kesejahteraan masyarakat di Natuna," ujarnya.

Yudo menjelaskan latihan kali ini bukan latihan perang, Namun latihan penanggulangan bencana dan juga berbagai agenda sosial.

"Walaupun latihannya bukan latihan perang, karena ASEAN lebih pada ekonomi, dihadiri oleh Panglima angkatan bersenjata Malaysia, Panglima angkatan bersenjata Singapura, Wakil Panglima angkatan bersenjata Thailand dan seluruh perwakilan dari negara-negara ASEAN,” ujarnya.

Yudo mengatakan agenda latihan bersama ini berfokus pada maritime security/marsec dan penanggulangan bencana, Engineer Civil Action Project (ENCAP), Medical Civil Action Project (MEDCAP), Cargo Drop dan bakti sosial.

Latihan tersebut juga melibatkan sipil dari negara ASEAN dengan TNI sebagai koordinatornya dengan tujuan gabungan untuk meningkatkan kerjasama negara ASEAN dalam bidang keamanan laut serta penanggulangan bencana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya