Dukungan Masyarakat Dinilai Perkuat Potensi Prabowo Raih Suara Mayoritas di Jatim

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.

Jakarta – Dukungan kepada bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dari berbagai kalangan di Jawa Timur berdatangan belakangan ini. Hal itu dinilai memperkuat Ketua Umum Partai Gerindra tersebut untuk meraih suara mayoritas di provinsi tersebut.

Tangis Sujarwo Pecah saat Diberi Hadiah Becak Listrik oleh Sudaryono

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin. “Banyaknya dukungan kepada Prabowo dari relawan-relawan dan masyarakat Jawa Timur itu ya menandakan bahwa Prabowo punya potensi untuk bisa menang, punya potensi untuk bisa menjadi capres unggul, punya potensi untuk memenangkan pertarungan,” katanya dikutip Selasa, 19 September 2023.

Menurut Ujang, dengan banyaknya fenomena relawan mendukung Menteri Pertahanan tersebut semakin menunjukkan adanya kedekatan secara emosional bersama masyarakat akar rumput. 

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Menhan Prabowo Subianto

Photo :
  • Kemenpora

“Jadi kalau dukungan-dukungan itu penting ya bagi Prabowo karena semakin banyak dukungan dari masyarakat, dari publik, yang sifatnya komunal-komunal itu membuat relasi kedekatan di antara Prabowo dengan masyarakat itu bisa semakin terjalin,” katanya. 

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Masyarakat Jawa Timur belakangan ini melabuhkan dukungannya kepada Prabowo. Mulai dari ribuan santri, ratusan kiai dan ibu nyai di Kabupaten Malang beberapa waktu lalu, hingga dari kalangan akar rumput yang tergabung dari kelompok buruh, petani dan nelayan dalam Gerilya 08. 

Prabowo masih menempati peringkat pertama dari hasil survei elektabilitas yang diadakan oleh Surabaya Research Syndicate (SRS) pada periode 3 – 12 September 2023. 

Dalam hasil survei tersebut, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan sebesar 43,8 persen, kemudian diikuti oleh bakal capres PDIP Ganjar Pranowo dengan 39,7 persen dan bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dengan 15,2 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya