Hadiri Malam Apresiasi Nusantara, Jokowi Minta Restu Upacara Kemerdekaan RI 2024 Digelar di IKN

Jokowi saat memberi sambutan di malam apresiasi Nusantara di titik 0, IKN, Kalimantan Timur.
Sumber :
  • VIVA/Jhovanda (Kalimantan Timur)

Nusantara – Presiden Jokowi memastikan upacara kemerdekaan Republik Indonesia 2024 mendatang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu dia tegaskan saat memberi sambutan di malam apresiasi Nusantara di titik 0, IKN, Kalimantan Timur (Kaltim).

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Menurutnya, proses perpindahan ibu kota negara akan dimulai pada awal 2024. Otomatis, upacara kemerdekaan RI akan digelar di IKN bersama-sama dengan masyarakat Kaltim.

“Setuju ibu kota pindah? Upacara di IKN apakah bapak ibu merestui,” tanya dia disambut tepukan masyarakat IKN, Jumat, 22 September 2023.

Minister Predicts Economic Growth to Reach 5.17 Percent in 2024 Q1

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Bersama Presiden Jokowi dan Para Menteri di IKN

Photo :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Malam apresiasi Nusantara adalah momentum kedekatan Jokowi dengan para pekerja konstruksi dan masyarakat di sekitar IKN. mereka dihibur oleh penampilan musik dari Band Gigi dan Wika Salim.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Pada kesempatan itu, Jokowi ingin berinteraksi lebih dekat dengan masyarakat dan para pekerja. Lokasi panggung Presiden dan jajarannya juga sangat dekat dengan masyarakat. Jokowi bahkan memberi kesempatan berfoto selfie dengan sejumlah orang yang berdiri di tepi pagar pembatas.

Tidak sendiri, Jokowi hadir bersama sejumlah pejabat di antaranya Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Menhub Budi Karya Sumadi, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Hadir juga Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid dan Wishnutama.

Pada kesempatan itu, Jokowi banyak bicara soal progres pembangunan IKN. Dia telah meletakkan batu pertama untuk pembangunan Hotel Nusantara, National Training Center, dan Rumah Sakit Abdi Waluyo. Dia bercerita investasi dari swasta pun sudah mulai masuk ke IKN. Jokowi optimistis pemindahan ibu kota negara bisa terwujud pada tahun depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya