Petugas Rakyat, Tingkat Akseptabilitas Prabowo DInilai Meluas

Bacapres Prabowo Subianto saat Rapimnas Demokrat di JCC, Senayan.
Sumber :
  • Youtube Demokrat

Jakarta – Tingkat akseptabilitas bakal calon presiden Prabowo Subianto dinilai meluas hingga ke generasi muda. Hal itu lantaran Menteri Pertahanan ini merupakan sosok petugas rakyat.

Gerindra Sebut Jokowi Dimungkinkan Jadi Penasihat Presiden Terpilih Prabowo

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara. Menurut dia, anggapan tersebut sangat disukai kawula muda Indonesia. Sebab, mencerminkan sosok pemimpin yang mengutamakan kepentingan rakyat bukan ke partai atau golongan tertentu.

"Tingkat akseptabilitas Prabowo itu juga semakin meluas, tidak saja di akar rumput relawan tapi juga di generasi muda," katanya, Sabtu, 23 September 2023.

Sekjen Gerindra Singgung Dukungan Paguyuban Warteg se-Indonesia Buat Kemenangan Prabowo-Gibran

Bacapres Prabowo Subianto di kampus UGM, Yogyakarta.

Photo :
  • YouTube Universitas Gadjah Mada

Sebagai petugas rakyat, Igor menilai, Prabowo sudah menyatakan diri akan tunduk hanya kepada keputusan rakyat. Posisinya sebagai Ketua Umum Partai Gerindra juga membuat Prabowo sangat berdaulat dan memiliki wewenang penuh untuk mengikuti keinginan masyarakat.

Gerindra Buka Peluang Usung Bobby Nasution Maju Pilgub Sumut

Posisi tersebut, kata Igor, membuat Prabowo tidak memiliki beban apapun untuk merealisasikan aspirasi rakyat.  "Prabowo itu identik dengan petugas rakyat ketimbang petugas partai karena Prabowo tunduk terhadap keputusan rakyat," ujarnya.

Sikap tersebut, menurut Igor, menjadi faktor utama tingginya elektabilitas Prabowo di kalangan generasi muda.  Dalam hasil survei Polling Institute terbaru periode 21-25 Agustus 2023 menunjukkan, sebanyak 44,3 persen gen Z berusia di bawah 21 tahun mendukung Prabowo di Pilpres 2024.

Kemudian, gen Z yang berusia antara 22 sampai 25 tahun sebanyak 43,3 persen menyatakan dukungannya kepada Prabowo. Selanjutnya, di kalangan milenial Prabowo juga unggul dengan torehan 38,4 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya