JK Ibaratkan Menko Luhut seperti Kunci Inggris, Dibutuhkan Semua Orang

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (kanan) dan Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA FOTO

Jakarta – Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla atau JK mengibaratkan sosok Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan seperti kunci inggris. Sebab, sosok Luhut dinilai sangat dibutuhkan semua orang.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Hal itu disampaikan JK saat memberikan testimoni mengenai sosok Luhut pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 28 September 2023.

Awalnya, JK mengatakan bahwa semua orang kini sepakat Luhut harus dipanggil jika negara mengalami kesulitan atau suatu masalah. Sebab, Luhut diibaratkan seperti kunci untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

"Kita sependapat, bahwa kalau ada masalah, kesulitan, cuma satu kuncinya, panggil Pak Luhut," kata JK dalam sambutannya, Kamis, 28 September 2023. 

Mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) saat menjadi keynote spech dalam seminar bertajuk

Photo :
  • VIVA/Supriadi Maud
Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Jokowi: Udah Bener

Secara spesifik, JK blak-blakan menyebutkan Luhut layaknya kunci inggris. Kata dia, kehadiran Luhut sama pentingnya seperti kunci inggris yang selalu dibutuhkan dan harus ada di setiap rumah.

"Jadi bapak kayak kunci inggris, begitu dibutuhkan semua orang butuh kunci inggris di rumah masing-masing. Jadi kalau kunci inggris tidak ada, mesti banyak kunci untuk menyelesaikan persoalan," ucapnya. 

Lebih lanjut, JK juga mengatakan saat ini banyak orang yang takut mengambil kebijakan. Beruntung, Indonesia memiliki Luhut Binsar yang berani dalam mengambil kebijakan untuk negara ini kata JK.

"Di negeri ini sekarang takut mengambil kebijakan, untung ada Pak Luhut yang (berani) mengambil kebijakan. Kalau takut mengambil, negeri ini gimana?" tutur JK.

Luhut Dijuluki Menteri Jokowi yang Serba Bisa

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak heran jika Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dijuluki sebagai menteri di dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang serba bisa. 

Menurutnya, julukan itu tepat untuk sosok Luhut yang banyak ide dan solusi. Kata dia, tak mungkin juga Presiden Jokowi memberikan tugas jika Luhut tak kompeten.

"Banyak yang bertanya ini Pak Jokowi apa-apa Pak Luhut, itu suara di luar. Kalau saya tidak kaget, seorang presiden, saya pernah menjadi presiden juga pasti mencari seseorang yang cakap dan bisa melaksanakan tugas," ucap SBY dalam sambutannya di acara HUT Luhut ke-76 di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 28 September 2023. 

"Tidak mungkin (presiden) menugasi seseorang yang tidak yakin dan ragu," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya