Mentan Syahrul Yasin Limpo Dikabarkan jadi Tersangka, Kantor Kementan Dijaga Ketat

Petugas polisi dan penyidik KPK di kantor Kementerian Pertanian.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Kantor Kementerian Pertanian (Kementan) RI dijaga ketat oleh sejumlah petugas kepolisian, Jumat, 29 September 2023. Penjagaan ketat diduga dilakukan karena sebelumnya rumah dinas Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo juga digeledah oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pernah Ditangkap KPK Terjerat Kasus Suap, Abah Anton Daftar Lagi Pilwali Malang Lewat PKB

Di lokasi, ada sejumlah petugas kepolisian yang membawa senjata laras panjang di kantor Kementan RI hari ini. Penjagaan ketat itu dilakukan di Lobby Gedung A, Kementan RI, Jakarta Selatan.

Namun, petugas keamanan dalam atau pamdal yang berjaga di Kementan RI tak memperbolehkan awak media masuk ke dalam kantor Kementan RI.

Saksi Sebut Uang Rp 3 Juta Perhari untuk Rumah Dinas SYL: Pesan GrabFood Hingga Biaya Laundry

"Nanti, nanti," kata petugas keamanan di lokasi, Jumat 29 September 2023.

Petugas KPK memasuki ruangan untuk melakukan penggeledahan. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Selain Sabu, Rio Reifan Juga Konsumsi Ekstasi dan Alprazolam

Salah seorang pegawai di Kementan RI mengatakan ada beberapa ruangan yang sudah disegel petugas KPK.  Dia menyebut ruanga yang disegel berada di lantai enam.

"Ada beberapa ruangan disegel di lantai 6 tadi saya lihat," kata karyawan yang tak mau disebut namanya itu. 

Mentan SYL dikabarkan jadi tersangka

Seiring ada penggeledahan, mencuat kabar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL ditetapkan sebagai tersangka. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan jika memang benar adanya tersangka dalam sebuah kasus korupsi. Namun, ia tak menyebut nama dan kasus terkait.

"Sebagaimana yang sering kami sampaikan, KPK hanya akan sampaikan seluruh proses penanganan perkara secara utuh pada saatnya setelah semua proses penyidikan cukup dilakukan," kata Ali Kepada wartawan, Jumat 29 September 2023.

Dia menjelaskan sampai dengan saat ini KPK masih mengumpulkan sejumlah bukti lengkap. "Yang pasti pengumpulan bukti terus KPK lakukan," jelas Ali.

Sebelumnya, tim KPK melakukan penggeledahan di kediaman rumah dinas Mentan, Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V, Nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023.

Dari lokasi penggeledahan, tampak sejumlah petugas KPK mengeluarkan sebuah benda berbentuk mesin penghitung uang dari bagian bagasi mobil. Kemudian, benda tersebut dibawa masuk ke dalam rumah Mentan.

Ali Fikri menjelaskan pihaknya menggeledah rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Pusat, Kamis 28 September 2023.

"Benar, ada kegiatan tim KPK di sana," ujarnya.

Namun, ia mengaku belum bisa bicara panjang lebar terkait penggeledahan tersebut lantaran masih dalam proses. "Kegiatan sedang berlangsung," ujarnya.

Syahrul Yasin Limpo pun sudah pernah dipanggil oleh KPK pada pertengahan Juni 2023. Status Syahrul saat itu diperiksa sebagai saksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya