Psikolog Beberkan Karakter Asli Ganjar Pranowo, Bisa Dilihat dari Hal Ini

Bacapres Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Dosen Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta, Hanna Rahmi, mengungkap pandangannya terhadap sosok Ganjar Pranowo. Hanna menyebut bahwa karakter asli seseorang memang sulit untuk dibedakan secara kasat mata. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Contohnya saja seperti Ganjar Pranowo yang merupakan seorang kepala keluarga yang juga sekaligus sebagai politisi. Meski begitu, ia menyebut bahwa ada langkah tepat untuk bisa melihat kepribadian secara umum dari seseorang. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan keluarga.

Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

Hanna mengatakan kalau sikap dan sifat seseorang dapat dinilai dari bagaimana latar belakang dan tindakan peranan. 

"Perilaku kepribadian dapat ditentukan dengan melihat tindakan peranan. Sederhananya karakter mencerminkan kepribadian seseorang dalam memimpin," ujar Hanna.

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Lalu jika melihat pada latar belakang Ganjar Pranowo, personal mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut dikatakan Hanna lahir tanpa privilage apa-apa. Keteguhan Ganjar dalam meraih impian dilakukan berkat usaha yang gigih.

Kondisi itu pun dapat menjadi sebuah proses pembentukan karakter pribadi yang memiliki nilai sosial tinggi, humble, dan merakyat. Hanna juga menerangkan bahwa sikap sederhana dan apa adanya dari seorang Ganjar terpancar dari gaya kepemimpinannya di rumah tangga dan masyarakat.

Secara lingkup kecil yakni keluarga, Ganjar menunjukkan perannya sebagai kepala rumah tangga yang penuh kehangatan, perhatian, dan kasih sayang. 

“Bagaimana sikap dan peranannya kepada istri dan anak semata wayangnya adalah cerminan bagaimana beliau akan memimpin masyarakat dengan skala besar,” ujar Hanna.

Terlebih, saat ini juga telah beredar figur keluarga Ganjar, yakni Alam Ganjar. Menurut Hanna, Alam Ganjar adalah gambaran besar dari cara Ganjar Pranowo mendidik dan mengasuh sang buah hati.

“Karakternya yang cerdas, sederhana, mandiri, diplomatis namun tdk terkesan menggurui adalah cerminan pola asuh yg di dapat dari ayah dan ibunya,” terang Hanna.

Bacapres Ganjar Pranowo isi kuliah kebangsaan di kampus FISIP UI

Photo :
  • YouTube TV UI

Hanna pun menyatakan bahwa keberadaan Alam Ganjar di hadapan publik adalah contoh nyata kelebihan dari seorang Ganjar Pranowo. Terlihat jelas bagaimana gaya kepemimpinan Ganjar Pranowo yang mengedepankan keluarga untuk menjadi solusi ketika menghadapi masalah.

“Berbeda dengan individu yang tidak harmonis dalam keluarga kecilnya, ia akan mencari coping mechanism (mekanisme strategi koping) dengan cara yang lain,” pungkasnya.

Keberhasilan memimpin keluarga bukan satu2nya kunci sukses tetapi salah satu indikator dari pemimpin yg ideal. Keberhasilan pemimpin dpt dilihat dari bgmn ia memimpin dirinya sendiri, orang lain, dan orang2 terdekat atau keluarganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya