Dukung World Cleanup Day, Puluhan Orang Gelar Aksi Bersih-bersih di Sungai Ciliwung

Aksi bersih-bersih Ciliwung, di Depok, Jabar.
Sumber :
  • Dok. OCS

Jakarta – Sekitar 50 orang melakukan aksi bersih-bersih di sekitar hulu Sungai Ciliwung yang berada di dalam area Taman Edukasi dan Konservasi Ciliwung, Depok, Jawa Barat.

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

Kegiatan itu diinisiasi OCS Group Indonesia, penyedia layanan manajemen fasilitas terkemuka, untuk mendukung World Cleanup Day, yaitu gerakan global bersih-bersih sampah yang digelar serentak setiap minggu ketiga pada September.

“Sejalan dengan Komitmen ESG (Economy, Social, and Governance), inisiasi ini bertujuan melebihi dari sebatas membangun kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih," kata Ricardo Purba, ESG Programme Leader OCS Group Indonesia, dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 September 2023.

Toyota Eco Youth 2024: Berkat Sampah Bisa Ketemu Barack Obama

Ilustrasi paku bumi di proyek normalisasi Ciliwung.

Photo :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

Dia menambahkan, "Kami mendorong masyarakat agar secara perlahan tapi pasti mampu mengubah perilaku mereka terhadap sampah."

Stafsus Menkeu: Bea Cukai Bukan Keranjang Sampah

Dalam kegiatan yang digelar pada 27 September 2023 ini, OCS menggandeng World Cleanup Day Indonesia. Kegiatan tersebut juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BOPBD) Kota Depok, dan relawan dari warga sekitar.

“Kami yakin bahwa kolaborasi ini dapat menciptakan dampak yang berarti, yang mampu mengubah peserta kegiatan cleanup menjadi agen perubahan baik itu bagi perusahaan maupun masyarakat luas," kata Andy Bahari, Leader dari World Cleanup Day Indonesia

Sebanyak lebih dari 360 kilogram sampah berhasil dikumpulkan dari kegiatan itu. Sampah tersebut akan diproses menjadi materi produk daur ulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya