Sekjen PBNU Tegaskan Ziarah Kubur Bukan Perbuatan Syirik

Saifullah Yusuf (Gus Ipul).
Sumber :

Jawa Timur – Tudingan syirik dialamatkan kepada Menteri BUMN Erick Thohir selepas melakukan ziarah kubur dan berdoa di makam KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur, di Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Kamis 28 September 2023 lalu.

Ingin Duet Lagi di Pilkada Jatim, Khofifah Akui Merasa Nyaman dan Produktif bersama Emil

Media sosial milik Erick Thohir diserang oleh orang-orang yang tidak sepemahaman dengan tradisi ziarah kubur yang banyak dilakukan oleh ulama maupun pengikut Nahdlatul Ulama (NU).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir keliling Ponpes di Jatim

Photo :
  • Dok. Istimewa
MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia: Juara Piala Asia U-23 dan Lolos Olimpiade

Atas tudingan tersebut Saifullah Yusuf yang juga Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2022-2027 memberikan pembelaan. Hal ini diungkapkan dalam acara Apel Akbar Fatayat NU yang berlangsung Sabtu 30 September 2023 di Surabaya Jawa Timur.

Di hadapan sekira 7.500 anggota Fatayat NU di JX Expo Surabaya Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf menyinggung mengenai ziarah kubur. Bahkan dia menganjurkan kepada Erick untuk terus menjalankan tradisi tersebut.

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

"Erick Thohir Twitter nya diserang, dianggap syirik, dianggap menyembah kuburan. Kemudian saya ditanya wartawan, pendapat bapak tentang Pak Erick Thohir yang keliling kuburan diserang dianggap Syirik," kata Gus Ipul dalam acara tersebut.

"Saya sampaikan kepada Pak Erick tidak usah putus asa, jalan terus, ikuti apa yang selama ini menjadi warisan kiai-kiai, ikuti Gus Mus, ikuti kiai Kita yang memang banyak sekali yang membiasakan diri ziarah kubur,"  ungkapnya.

Ilustrasi berziarah ke makam Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang.

Photo :
  • Dokumentasi Mahfud MD

Gus Ipul menambahkan, ziarah kubur dilakukan agar kita bisa tersambung dengan guru-guru kita. Hal tersebut tidak dilarang dan bukan sebuah hal yang syirik.

"Kita kumpul di dunia, agar nanti kita bisa kumpul dengan guru-guru kita dan Rasulullah nanti di akhirat kelak," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya