Arahan Presiden Jokowi untuk Mitigasi Dampak El-Nino di Indonesia

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada jajaran menterinya untuk melakukan mitigasi dampak fenomena el-nino, dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Selasa, 3 Oktober 2023. Dampak elnino ini menyebabkan di beberapa daerah mengalami kekeringan

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

“Arahan yang terhormat Bapak Presiden terkait dengan mitigasi el-nino ini agar diantisipasi dan dilaporkan oleh para menteri dan kepala lembaga,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar.

Jelas dia, arahan Presiden Jokowi terkait kekeringan, air bersih yang dirasakan mungkin kurang di beberapa tempat. Memang, kata dia, air untuk keperluan pertanian juga kurang.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

“Harus hati-hati terhadap kondisi gagal panen, kemudian beras harus tetap ada, antisipasi dan tangani soal kebakaran hutan dan lahan, termasuk mengatasi berbagai komplain yang ada dan harus disikapi,” ujarnya.

Selain itu, kata Nurbaya, Presiden Jokowi meminta BMKG menyampaikan ramalan cuaca dan proyeksi-proyeksi kedepan. Menurutnya, ada tiga arahan yang disampaikan Presiden Jokowi terkait mitigasi dampak el-nino ini.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

“Intinya, arahan yang diberikan Bapak Presiden ada tiga hal, yaitu pemetaan persoalan secara komprehensif. Kedua, fokus untuk strategi tersedianya air dan ketiga daerah sentra produksi pangan agar dicek terus menerus untuk kecukupan air,” jelas dia.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024