Penampakan Mentan Syahrul Yasin Limpo saat Tiba di Bandara Soetta

Mentan Syahrul Yasin Limpo tiba di Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, usai lawatannya ke Eropa dalam beberapa hari terakhir. Pesawat yang ditumpangi Syahrul mendarat sekira pukul 18.05 Wib. 

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Berdasarkan foto-foto yang beredar, Syahrul Yasin Limpo terpantau tiba dengan mengenakan kemeja biru dengan jas navy motif kotak. SYL didampingi sejumlah orang yang ikut dalam rombongannya. 

Terpisah, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim menyebut Mentan Syahrul Yasin Limpo telah terdeteksi masuk ke Imigrasi Indonesia pada Rabu petang.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Mentan Syahrul Yasin Limpo tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Photo :
  • Ist

"Sudah masuk Imigrasi Indonesia pukul 18.41," kata Silmy Karim saat dikonfirmasi, Rabu malam.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo terbang menuju ke Jakarta menggunakan Pesawat Singapore Airlines dari Bandara Changi, Singapura dengan nomor penerbangan SQ964. Pesawat yang digunakan Syahrul Yasin Limpo mendarat sekira pukul 18.05 Wib.

Dirjen Imigrasi Silmy Karim menyatakan belum ada permintaan cegah atau tangkal terhadap Syahrul Yasin Limpo yang hilang kontak usai perjalanan dinas dari luar negeri.

Syahrul Yasin Limpo dilaporkan berangkat ke Italia tergabung bersama 22 delegasi Kementerian Pertanian (Kementan) pada tanggal 24 September 2023.

Mentan Syahrul Yasin Limpo tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Photo :
  • Ist

Syahrul Yasin Limpo meninggalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, pada tanggal 24 September 2023, ke Doha, Qatar dalam rangka transit, sebelum menuju Roma, Italia.

Mentan Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan kembali dari Eropa pada tanggal 30 September 2023 dan tiba di Indonesia pada tanggal 1 Oktober 2023. 

Namun, Mentan SYL sempat dikabarkan hilang kontak usai kunjungan kerja, seperti yang diungkapkan pertama kali oleh Wakil Mentan Harvick Hasnul Qolbi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 3 Oktober 2023.

Menurut Harvick, pihaknya di Kementan tidak bisa menghubungi Syahrul sejak yang bersangkutan dijadwalkan pulang dari kunjungan kerjanya di Italia dan Spanyol.

Mentan Syahrul Yasin Limpo tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Photo :
  • Ist

"Pada hari Sabtu (30/9) atau Minggu (1/10), harusnya (Syahrul Yasin Limpo) sudah kembali (ke Indonesia). Baru dua, tiga hari (tidak bisa berkomunikasi dengan SYL)," kata Harvick.

KPK menegaskan tidak ambil pusing dengan kabar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang hilang kontak usai perjalanan dinas dari luar negeri. Menurut KPK, isu tersebut tidak akan memengaruhi penyidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Kami ingin tegaskan, seluruh kerja-kerja penyidikan perkara ini kami pastikan terus kami selesaikan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya