Syahrul Yasin Limpo soal Mundur dari Mentan: Saya Orang Bugis, Harga Diri Lebih Tinggi dari Jabatan

Syahrul Yasin Limpo Sampaikan Surat Pengunduran Diri Sebagai Mentan ke Mensesneg
Sumber :
  • VIVA/ Ahmad Farhan Faris

Jakarta – Dewan Pakar Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo (SYL) resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Pertanian RI kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat pengunduran diri itu diserahkan melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Kamis, 5 Oktober 2023.

PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas, Pengamat: Wajar Kalau Megawati Sangat Marah

Pengunduran dirinya dari jabatan Mentan menyusul kasus hukum yang tengah membelitnya. Syahrul Yasin Limpo dikabarkan sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Dia mengaku ingin fokus menghadapi proses hukum.

"Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang saya hadapi, dan saya harus siap menghadapi secara serius," kata Syahrul Yasin Limpo di kantor Setneg, Jakarta.

SYL Bungkam Usai Diperiksa KPK soal Oknum Auditor Palak Kementan

"Saya berharap jangan ada  stigma presumption of innocence, maksudnya menghakimi saya dulu, karena tentu biarlah proses hukum berlangsung dengan baik dan saya siap hadapi," sambungnya

Mentan Syahrul Yasin Limpo menyerahkan surat pengunduran diri ke Jokowi

Photo :
  • Ist
Menlu Retno Ungkap Isi Pertemuan Jokowi dan Gubernur Jenderal Australia

SYL mengaku meniti karir sebagai birokrat, dan 25 tahun menjabat kepala daerah, baik di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi. Dia mengaku terbiasa mengurus rakyat. Hingga kemarin pun, lanjut Syahrul, dia mewakili Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Roma untuk menerima penghargaan.

"Oleh karena itu, saya hari ini memang Pak Pratik dengan sangat baik pada saya, meminta apa sih hal-hal yang dibantu. Saya orang Bugis Makassar, dan rasanya harga diri jauh lebih tinggi daripada pangkat maupun jabatan, biarkan saya hadapi ini, dan beri saya kesempatan membuktikan bahwa saya terbiasa ngurus rakyat," tegas mantan Gubernur Sulsel ini

"Dan saya berharap nasihat-nasihat orang tua saya, nasihat budaya saya dari saya, kalau berani berbuat harus berani bertanggung jawab, dan saya bersiap bertanggung jawab," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendatangi Markas Polda Metro Jaya, pasca dari Kementerian Pertanian. Dia tiba pukul 12.42 WIB.
 
Adapun SYL datang menumpangi mobil Toyota Vellfire berkelir hitam. Dia mengecoh awak media yang menunggu di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Mentan SYL terlihat menggunakan kemeja batik dan celana hitam. 

SYL mengaku diperiksa penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus pemerasan yang diduga dilakukan oleh oknum pimpinan KPK. 

"Semua yang saya tahu sudah saya sampaikan, dan secara terbuka saya sampaikan apa yang dibutuhkan penyidik, dihadapi banyak banget (pertanyaan) tadi, dan prosesnya berlangsung cukup panjang hampir 3 jam," jelasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya