Eks Ketua PKB Jatim dan Aktivis NU Cak Anam Meninggal Dunia, Khofifah Berduka

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Surabaya – Banyak tokoh, terutama di Jawa Timur, turut berduka atas meninggalnya Choirul Anam atau Cak Anam, Ketua Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Jatim pertama, yang juga aktivis Nahdlatul Ulama, NU. Salah satunya ialah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Duka Khofifah atas meninggalnya Cak Anam, diekspresikan melalui akun Instagramnya, @khofifah.ip. "Semoga almarhum dipanggil Allah dalam keadaan husnul khotimah. Mendapat tempat mulia di sisi Allah SWT. Amin," tulis Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU itu.

Khofifah mengenang sosok Cak Anam sebagai penggerak Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur. Memang, Cak Anam pernah memimpin organisasi kepemudaan NU itu di tingkat Jatim. 

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

"[Cak Anam] Jurnalis senior serta penulis buku Pertumbuhan dan Perkembangan NU. Buku paling lengkap menuliskan perjalanan NU di Indonesia," kenang Khofifah.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Terpisah, Ketua DPD Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad, mengenang Cak Anam sebagai tokoh yang banyak melahirkan kader yang mengajarkan prinsip-prinsip perjuangan. "Kadernya berserakan di berbagai lembaga politik, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi sosial," ucapnya.

Cak Sadad mengaku beruntung pernah bersentuhan dengan Cak Anam semasa hidup. "Terakhir kali komunikasi ketika ujian terbuka doktor saya. Saya sempat komunikasi sama beliau dan saya mengharapkan beliau hadir," kenang Wakil Ketua DPRD Jatim itu.

Cak Anam mengembuskan napas terakhir saat dirawat di RSI Surabaya pada Senin, 9 Oktober 2023, sekira pukul 05.00 WIB. Ia akan dimakamkan di Jombang. Dalam beberapa tahun terakhir, Cak Anam memang sakit-sakitan karena gangguan jantung. Namun, semasa rawat jalan, ia kadang masih aktif dalam beberapa kegiatan.

Semasa hidup, Cak Anam aktif di NU, politik, dan sebagai jurnalis. Di NU, dia pernah menjadi Ketua GP Ansor Jatim dan Wakil Ketua PWNU Jatim. Di politik, ia pernah menjadi Ketua PKB Jatim masa Gus Dur. Setelah terlibat konflik, Cak Anam lalu mendirikan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

Di duna media massa, Cak Anam merupakan jurnalis senior. Ia pernah berproses di Majalah Tempo. Ia kemudian menghidupkan kembali Harian Duta Masyarakat, koran yang didirikan oleh Mahbub Djunaidi dan sempat mati suri setelah dibredel oleh pemerintah di era Soekarno. Di tangan Cak Anam, Duta Masyarakat tetap eksis sampai sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya