Satgas Damai Cartenz Tangkap 3 Pelaku Pembunuhan Aktivis Papua Michele Kurisi

AW, salah satu dari tiga pelaku pembunuh aktivis perempuan Michele Kurisi
Sumber :
  • Istimewa

Papua – Tiga orang terduga pelaku pembunuhan aktivis perempuan Papua, Michele Kurisi Doga ditangkap Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz 2023.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

"Hari Kamis 5 Oktober 2023, kami telah melakukan penangkapan terhadap seorang terduga pelaku pembunuhan Michele dengan inisial PM di Jayawijaya. Kemudian besoknya kami lakukan pengembangan dan menangkap lagi terduga pelaku AW di Jayapura, kemudian RK alias RM di Tolikara. Total pelaku diperkirakan tujuh orang,” ujar Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Faizal Ramadhani, Senin 9 Oktober 2023.

Faizal menerangkan dari hasil penyelidikan sementara, kasus pembunuhan berencana ini diduga dilakukan oleh tujuh orang pelaku dengan inisial PM, AW, RK, KW (DPO), JW (DPO), DW (DPO) dan K (DPO)

Klarifikasi Pastor di Ruteng NTT Usai Dituding Selingkuhi Istri Orang

"Ketujuh terduga pelaku ini diduga merupakan Anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Militan Baliem Barat yang aktif menyebarkan propaganda negatif di media sosial tentang isu Papua,” jelas Faizal.

Direskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Rahmadani

Photo :
  • ANTARA/Evarukdijati
Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Ia mengatakan, ketiga terduga pelaku telah diamankan di Polda Papua untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut. “Para tersangka setidaknya akan kami terapkan pasal 338 KUHP tentang pembunuhan junto pasal 340 KUHP, tentang pembunuhan berencana junto pasal 354 KUHP tentang penganiayaan mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dengan ancaman maksimal hukuman mati atau pindana penjara seumur hidup,” kata Faizal.

Sementara itu, Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan Michele Kurisi Doga merupakan aktivis perempuan yang cukup aktif menyuarakan hak-hak perempuan Papua. Michele beberapa kali menjadi narasumber dalam acara live di YouTube dengan isu tentang Papua.

Michele Kurisi Doga diketahui dibunuh oleh sekelompok orang pada tanggal 28 Agustus 2023 di Distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno

Photo :
  • Istimewa

Michele dibunuh para pelaku dengan cara ditikam menggunakan pisau dan dipukul kepalanya menggunakan kayu. Aksi ini direkam langsung oleh pelaku dan disebarkan melalui kanal media sosial facebook. Video pembunuhan Michele Kurisi Doga ini kemudian beredar luas di media sosial dan viral.

Dalam Video viral tersebut diperlihatkan korban Michele Kurisi awalnya diinterogasi para pelaku. Tidak lama kemudian terlihat korban tengah meregang nyawa di semak-semak dengan darah terkucur di baju bagian dada korban.

"Pembunuhan ini sadis dan kejam. Bagaimana bisa beberapa orang laki-laki membunuh seorang wanita, divideokan dan diviralkan,” kata AKBP Bayu Suseno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya