Soal Dugaan Korupsi di Kementan, Saor Siagian: SYL Khianati Petani dan Sumpah Menteri

Pengacara sekaligus Pegiat anti korupsi Saor Siagian.
Sumber :
  • YouTube tvOne

Jakarta - Kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) yang menyeret nama mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) masih bergulir. SYL dianggap telah melakukan pengkhianatan atas sumpah dirinya sebagai menteri dan para petani.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

"Ada dugaan (korupsi) yang sangat luar biasa, itu yang saya bilang pengkhianatan kepada sumpah dia sebagai seorang menteri. Pengkhianatan kepada para petani kita yang sedang berjuang, sedang menderita, tapi menteri yang bertanggungjawab soal itu malah diduga melakukan korupsi," kata pegiat anti korupsi Saor Siagian dikutip dari kanal YouTube Abraham Samad SPEAK UP, Rabu, 11 Oktober 2023.

Politikus Nasdem Syahrul Yasin Limpo mundur dari posisi Menteri Pertanian.

Photo :
  • ANTARA Foto
Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Lebih lanjut, Saor juga menilai kasus dugaan korupsi yang menyeret SYL ini bebas dari unsur politik. Sebab, KPK telah mengantongi bukti-bukti yang cukup untuk menyeret dan menetapkan SYL sebagai tersangka.

"Saya pikir enggak ada (unsur politik), murni hukum," ungkap Saor. 

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

"Soal peristiwa yang terjadi pada saudara Syahrul Yasin Limpo, menurut saya sudah sangat telanjang bukti-bukti yang dilakukan aparat penegak hukum sudah cukup terang benderang. Komisioner sudah memberitahukan ke presiden, bahwa sudah ditetapkan sebagai tersangka. Saya kira itu sebabnya sudah terbantahkan kalau ada pertanyaan apakah ini ada kaitannya dengan politik atau tidak," tegasnya.

KPK Periksa Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo 

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada hari ini, Rabu, 11 Oktober 2023.

Rencana pemanggilan Syahrul Yasin Limpo itu dibenarkan langsung oleh Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri. Syahrul Yasin Limpo akan diperiksa terkait kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

"Tim penyidik KPK menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan sebagai saksi, Syahrul Yasin Limpo," kata Ali dalam keterangannya, Selasa, 10 Oktober 2023. 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK beberapa waktu lalu. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ali menyebut Syahrul Yasin Limpo diperiksa dengan kapasitas sebagai saksi untuk tersangka lain dalam perkara korupsi tersebut. Ia pun berharap, Syahrul Yasin Limpo dapat kooperatif memenuhi panggilan pemeriksaan tersebut.

"Sebagai saksi untuk melengkapi alat bukti dalam berkas perkara penyidikan perkara tersangka lain," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya