Detail dan Fakta Kasus Dugaan Pemerasan Ketua KPK Firli Bahuri Terhadap Mantan Mentan SYL

Firli Bahuri Terseret Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Nasional – Publik dibuat heboh dengan kasus dugaan pemerasan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri

Polisi Sebut Mayat di Pamulang Ada Luka Gorok di Leher dan Jari Manis Putus

Diketahui, keduanya bertemu di lapangan olahraga bulutangkis. 

Firli sebelumnya mengklarifikasi pertemuan dilakukan pada Maret 2022. Sementara itu, kasus korupsi di Kementan yang ditangani KPK mulai diselidiki pada 2023.

Viral! Aksi Pencurian Pipa Besi Jembatan di Siang Bolong, Polisi Ringkus Pelaku

Berikut fakta-faktanya: 

Tersangka Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Geger Penemuan Mayat Terbungkus Sarung di Perumahan Tangerang

Banyak Melibatkan Saksi

Pekan lalu, pihak Polda Metro Jaya mengatakan mereka sudah memeriksa 11 saksi sejak kasus naik ke tahap penyidikan. Selain itu pada pekan lalu 3 orang saksi lainnya diperiksa, termasuk pegawai KPK.

Bertambah hingga Senin kemarin, polisi kini sudah memeriksa total 23 saksi dalam kasus ini. Hal ini disampaikan langsung olej Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak. 

Sejumlah saksi yang diperiksa termasuk Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar yang disebut-sebut sebagai perantara dan eks Ketua KPK periode 2015-2019 Saut Situmorang.

Ajudan Firli Diperiksa

Ajudan Firli juga ikut diperiksa oleh Polda Metro Jaya. Pada panggilan pertama, ajudan Firli mangkir dan tidak dapat hadir. 

Kemudian pada akhir pekan lalu, tepatnya hari Jumat, Polda Metro Jaya kembali melayangkan panggilan kepada ajudan Firli untuk hadir dalam pemeriksaan.

Ajudan Firli dipanggil sebagai saksi. "Sudah dijadwalkan ulang pemeriksaan terhadap yang bersangkutan pada hari Jumat besok," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan.

"Jadi semua saksi yang diperiksa di tahap penyidikan. Untuk materinya pasti seputar peristiwa dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi yang saat ini sedang ditangani oleh Tim Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Untuk membuat terang dugaan tindak pidana yang terjadi dan menemukan tersangkanya," lanjutnya.

Penetapan Tinggal Tunggu Waktu

Penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka hanya tinggal tunggu waktu, menurut Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso. 

"Penetapan tersangka FB adalah tinggal tunggu waktu saja. Artinya penyidik yakin bahwa pada saat gelar perkara untuk penetapan tersangka nanti penyidik yakin akan ditemukan pihak yang akan diminta pertanggung jawaban pidana karena melakukan pemerasan dan atau gratifikasi atau suap," ujar dia kepada wartawan, dilansir Selasa, 17 Oktober 2023.

Menurutnya, proses pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket), penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan polisi sudah sesuai prosedur hukum dan sudah lengkap. 

"Penyidik telah sangat yakin memiliki bukti yang cukup untuk menyatakan telah ada tindak pidana pemerasan dan atau gratifikasi dan atau pelanggaran pasal 36 jo pasal 65 UU KPK sehingga berani diuji hasil kerjanya dengan melibatkan supervisi KPK," ujar dia.

Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung Merah Putih, Kamis 5/9

Photo :
  • KPK

Kapolri Minta Tangai Kasus Dengan Hati-Hati

Kasus yang menyita publik ini tentu mendapat sorotan besar. Maka dari itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar Polda Metro Jaya berhati-hati dan cermat dalam menangani kasus tersebut. Termasuk Mabes Polri yang saat ini memberikan asistensi dalam penanganan kasus ini.

"Yang jelas, karena kasusnya menjadi perhatian publik, saya sudah perintahkan agar prosesnya harus betul-betul ditangani secara profesional," ujar Sigit usai apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata di Silang Monas, Jakarta Pusat, dilansir Selasa, 17 Oktober 2023. 

"Oleh karena itu, di dalam setiap tahapannya, dampingi, Bareskrim, Propam saya minta turun, sehingga setiap tahapan yang berjalan itu betul-betul profesional. Itu yang saya minta sehingga semuanya bisa dipertanggungjawabkan," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya